Ini Kata Dokter, Batas Konsumsi Gula untuk Ibu Hamil

Editor: kairos author photo

 

Ibu hamil perlu memperhatikan takaran konsumsi gula. foto | pixabay 

KAIROS - Konsumsi gula berlebihan pada ibu hamil bisa meningkatkan risiko diabetes gestasional. Lantas, berapa batas konsumsi gula untuk ibu hamil? Ini faktanya menurut dokter.

Ibu hamil identik dengan keinginan berlebih untuk mengonsumsi sesuatu alias ngidam. 

Hal ini bisa dikategorikan wajar jika yang diinginkan ibu hamil adalah makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Awas Diabetes Gestasional 

Sebaliknya, jika ibu hamil terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman manis, dia mungkin bisa menderita diabetes gestasional. 

Selain itu, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti juga mengatakan bahwa konsumsi gula berlebih saat hamil bisa meningkatkan risiko makrosomia alias bobot bayi terlalu besar.

Mengingat risiko-risiko tersebut, ibu hamil mesti membatasi asupan manis atau mengandung gula sekalipun sedang ngidam.

Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) tahun 2013, batas aman konsumsi gula harian secara umum adalah 50 gram atau setara dengan 4 sendok makan gula. 

Aturan ini juga berlaku untuk ibu hamil.

Di sisi lain, Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan konsumsi gula sebaiknya dibatasi hanya 25 gram atau 2 sendok makan dalam sehari.

Jika ingin tahu jumlah asupan gula yang paling tepat dan aman selama kehamilan, Anda mesti berkonsultasi kepada dokter.

Pasalnya, kondisi tubuh ibu hamil bisa berbeda-beda. Batasan aman asupan selama kehamilan juga mungkin berbeda satu sama lainnya.

Batasi Asupan Gula untuk Ibu Hamil

Asupan gula saat hamil hanya harus dibatasi, bukan dihindari sama sekali. Artinya, ibu hamil boleh mengonsumsi asupan manis atau mengandung gula. Yang pasti, jumlahnya perlu diperhatikan supaya tidak berlebihan dan berdampak buruk pada kesehatan.

Lalu, adakah hal yang bisa dilakukan agar ibu hamil terhindar dari asupan gula berlebih? Ada. Berikut ini tipsnya untuk Anda:

> Mengganti konsumsi asupan manis dan gula dengan makanan bercita rasa gurih, seperti wortel dengan hummus

> Menambahkan potongan buah segar ke dalam serealia gandum utuh

> Membuat popcorn rumahan dengan kadar gula yang disesuaikan agar tidak berlebihan

> Ibu hamil juga dapat mengonsumsi kacang-kacangan yang telah dikeringkan atau greek yoghurt dengan tambahan buah beri. > Jika ingin mengonsumsi jus buah atau smoothie, hindari menambahkan gula atau kental manis ke dalamnya.

Ibu hamil tetap boleh mengonsumsi gula saat hamil asalkan jumlahnya dibatasi. 

Intinya, jangan abaikan anjuran ini karena bukan tak mungkin kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungannya bisa terancam.

sumber\foto | klikdokter\pixabay

reporter | yey


Share:
Komentar

Berita Terkini