Inilah 4 Cara Menjaga Kesehatan Jiwa Anda!

Editor: kairos author photo

 

Menjaga kesehatan jiwa sama pentingnya merawat fisik kita. foto | pixabay

KAIROS - MENJAGA kesehatan jiwa sama pentingnya dengan merawat kesehatan fisik. Bila keduanya dijaga seimbang, cita-cita hidup bahagia Anda bisa tercapai.

Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan jiwa itu? Bukankah menjaga kesehatan jiwa itu tak gampang? Betul, tapi kalau mau diusahakan hal itu bisa kok!

Belum lama ini, dokter Jiemi Ardian, psikiater Rumah Sakit Siloam Bogor di salah satu reel instagramnya membagikan cara sederhana menjaga kesehatan jiwa.

BACA PULA | Teknis Jogging yang Benar untuk Pemula dan Kenali Manfaatnya

“Banyak banget yang nanya soal ini, baik di twitter maupun di instagram,” ungkap Jiemi lewat akun instagramnya @jiemiardian, dikutip Jumat 1 Oktober 2021.

Jiemi menyebut ada 4 cara sederhana menjaga kesehatan jiwa yang jarang dilakukan. Yuk, kita baca:

1. Tidur dan bangun di jam yang sama termasuk saat liburan

Menjaga pola tidur seperti ini memang tak mudah. Kebanyakan dari kita memiliki jadwal tidur dan bangun yang kacau alias tak beraturan. Lebih semrawut biasanya saat liburan.

Tidur telat, sementara ia harus bangun cepat karena bekerja, misalnya. Kebiasaan seperti itu, bila berlarut akan mengganggu kesehatan fisik dan jiwa.

2. Olahraga

Apa pengaruhnya rutin berolahraga dengan kesehatan jiwa? Nah, masih ingat dengan pepatah 'Mens Sana in Corpore Sano'? Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat! Begitu kira-kira artinya.

ARTIKEL TERKAIT | Mulailah Berjalan Kaki Minimal 2.000 Langkah untuk Pola Hidup Sehat

Itu adagium lama, cuma tak semua orang mempraktikkannya hanya karena mereka tidak mengetahui filosofi yang sebenarnya dari ungkapan latin itu.

3. Makan gizi seimbang

Makan apa pun boleh, cuma akan lebih afdol kalau tidak mengonsumsi satu jenis makanan setiap hari. Lebih bagus variatif dan bernilai gizi.

Makanan bergizi, paling tidak memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Tak perlu bingung lagi seperti apa jenis makanan yang bergizi. Tinggal ketik di mesin google, maka informasi tersebut akan didapat.

4. Stay connected

Ini bisa dimaksudkan bertemanlah dengan orang-orang yang membawa efek positif. Dalam bahasa Jiemi ''Terhubung dengan orang-orang bermakna untukmu,” ungkapnya.

Menurut dokter yang juga menjadi advisor @ibunda.id, tak perlu memikirkan hal-hal besar untuk mencari jawaban mengenai cara menjaga kesehatan jiwa.

JUGA DISIMAK | 6 Aktivitas Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Sehat

“Lakukan yang sederhana saja dulu. Intinya back to basic dalam menjaga kesehatan jiwa. Saking sederhananya kita jarang melakukannya,” sebut pria berambut rapi itu.

Begitulah 4 cara mudah menjaga kesehatan jiwam. Melakukan metode ini akan bikin hati kamu makin tentu kian tenang. 

sumber\foto | ayoindonesia\ayobandung

reporter | mey

Share:
Komentar

Berita Terkini