Manfaat Kopi untuk Rambut, Kenapa Tidak? Nih, Simak Cara Pakainya

Editor: kairos author photo

 

Kopi ternyata bukan cuma diminum tapi bermanfaat untuk rambut. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - KOPI memang minuman favorit banyak orang di dunia. Selain rasanya khas, minum kopi juga bermanfaat bagi tubuh. Tetapi tahukah Anda bahwa kopi juga bermanfaat untuk rambut? Hmmm, ternyata kopi punya fungsi berbeda ya!

Lantas bagaimana manfaat kopi untuk rambut? Setidaknya ada 3 manfaatnya, seperti dirangkum dari Healthline.

1. Baik untuk pertumbuhan rambut

Manfaat pertama kopi untuk rambut, menghentikan atau mengurangi kerontokan rambut dan mendorong pertumbuhannya kembali. Berdasarkan studi, diketahui kafein pada kopi dapat merangsang pemanjangan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar.

BACA PULA | Rokok dan Kopi, Perpaduan Berbahaya bagi Jantung

Kafein dapat pula memperpanjang durasi anagen, yang merupakan tahap pertumbuhan rambut. Takh hanya itu, kafein juga meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga ini dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat, lebih kuat dan memberikan tampilan rambut yang lebih tampak lebih tebal.

2. Bikin rambut berkilau dan lembut

Penggunaan kopi secara topikal pada rambut juga dapat memperbaiki rambut kusam. Soalnya kopi mengandung flavonoid, antioksidan yang bisa mendorong regenerasi rambut. 

SIMAK JUGA | 4 Hal Ini Akan Terjadi pada Jantungmu Jika Rutin Minum Kopi

Dengan begitu, rambut Anda bisa menjadi lebih halus, dan ditambah efek kafein yang bisa meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut, sehingga membuat rambut Anda lebih sehat dan berkilau.

3. Hilangkan uban

Pemakaian kopi pada rambut juga bisa menggelapkan warna rambut secara alami. Kopi sendiri sudah berwarna gelap, sehingga dapat bertindak sebagai noda pada rambut. Ini cara cepat untuk menyembunyikan uban (red, rambut putih) jika Anda memiliki rambut cokelat atau hitam. 

Untuk hasil terbaik, gunakan kopi yang kental.

Cara pakai Kopi untuk Rambut

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menyeduh 2-4 cangkir kopi dan dinginkan. Bila sudah dingin, Anda bisa memasukkannya ke dalam botol semprot.

ARTIKEL LAINNYA | Cara Minum Kopi Salah, Bisa Turunkan Fungsi Otak

Jika sudah, Anda bisa menyemprotkannya sesudah keramas ke rambut Anda yang masih basah dan pijatkan rambut dan kulit kepala. 

Setelah itu, biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin atau hangat, lalu keringkan seperti biasa.

sumber | okezone\spiritriau

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini