Ngopi Sebelum Olahraga Sangat Dianjurkan, Ini Ragam Manfaatnya

Editor: kairos author photo

 

Dianjurkan, ngopi sebelum berolahraga. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - SEBELUM berolahraga, minumlah kopi. Hal ini sangat dianjurkan. Kopi dianggap sebagai suplemen pre-workout, alternatif dari minuman berbahan kimia yang biasa diminum sebelum olahraga.

Bukan tanpa alasan kopi dipilih, ini karena minuman ini memiliki bahan aktif yang sama seperti suplemen pre-workout yakni kafein.

Dilansir dari Stylist, kafein itu dalam merangsang kinerja sistem saraf pusat, meningkatkan detak jantung, meningkatkan tekanan darah, dan melepaskan adrenalin.

Alasan kopi baik diminum sebelum olahraga 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan kinerja atletik

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan daya tahan dan ketahanan tubuh terhadap kelelahan.

BACA PULA | Jam Berapa Sebenarnya Waktu yang Tepat Berolahraga

Kafein, bantuan ergogenik yang efektif untuk aktivitas daya tahan yang lebih maksimal dan berkelanjutan.

Hal ini terungkap dalam jurnal berjudul "International society of sports nutrition position stand: caffeine and performance."

2. Untuk metabolisme, Cepat Bakar Lemak

Journal of International Society of Sports Nutrition menilai mengonsumsi kopi setengah jam sebelum latihan aerobik dapat meningkatkan pembakaran lemak.

Studi ini berjudul "Caffeine increases maximal fat oxidation during a graded exercise test: is there a diurnal variation?"

JUGA DISIMAK | 5 Olahraga Ringan Pagi, Bikin Badanmu Sehat Bugar

Penelitian itu juga mengungkapkan mengonsumsi kafein 30 menit sebelum berolahraga meningkatkan oksidasi lemak selama berolahraga, terlepas dari waktu.

Namun, tingkat pembakaran lemak itu lebih tinggi di sore hari daripada di pagi hari.

3. Stimulan alami

Kafein, stimulan alami untuk meningkatkan fokus mental, kewaspadaan dan fungsi kognitif umum. 

Di sisi lain, kopi juga akan membantu pikiranmu agar lebih tajam sehingga saat olahraga pun kamu menjadi semakin produktif dan efektif.

4. Membantu Pemulihan, Kurangi Nyeri Otot

Kopi mengandung polifenil yang merupakan mikronutrien untuk mengurangi peradangan, miningkatkan pemulihan dan mengurangi nyeri otot onset tertunda.

Fakta lain yang terungkap dari "Journal of Pain" yang menemukan dua cangkir kopi membantu mengurangi rasa sakit akibat olahraga dan cedera otot.

Selain itu, studi lain berjudul "The effect of caffeine ingestion on delayed onset muscle soreness," menunjukkan, kafein membantu meningkatkan metabolisme karbohidrat setelah berolahraga.

Prinsipnya, hal itu berarti otot dapat mengisi kembali simpanan energi mereka dengan lebih baik dan lebih efisien dengan kafein.

ARTIKEL LAINNYA | Selain Berjalan Kaki, 7 Olahraga Ini Mampu Turunkan Berat Badan

Tapi perlu diingat, meski kopi memiliki dampak yang baik, namun jangan mengonsumsinya terlalu banyak.

Soalnya kopi mampu meningkatkan hormon kortisol yang merupakan hormon stres utama tubuh. Jadi, jangan berlebihan juga sahabat! Selamat mencoba.

sumber\foto | tribunnews/parapuan/stylist

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini