PERHATIKAN! Ini 5 Risiko Lepas Alas Kaki Selama di Rumah

Editor: kairos author photo

 

Ragam akibat yang ditimbulkan, jika kita melepas alas kaki saat di rumah. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - MUNGKIN kamu salah seorang yang kebiasaan melepas alas kaki (misalnya sandal jepit) ketika di rumah, baik untuk menjaga kebersihan rumah atau mengistirahatkan kaki setelah seharian memakai sepatu. Tapi tak pakai alas kaki ketika berjalan di rumah, rupanya juga bukan pilihan terbaik. 

Faktanya, berjalan tanpa alas kaki di dalam rumah bisa berdampak tidak menyenangkan bagi kesehatan dan kecantikan kaki Anda.

Dampak tak pakai alas kaki 

Akan terjadi kemungkinan beberapa hal, jika alas kaki dilepas, diantaranya:

1. Rentan diserang bakteri

Menyapu dan mengepel lantai rumah setiap hari tidak menjamin bahwa lantai rumah benar-benar bebas dari bakteri dan kuman. Kenyataannya, ada banyak debu di dalam rumah yang mengandung bakteri dan jamur berbahaya.

Jika tak pakai alas kaki di dalam rumah, kaki akan lebih rentan terkena mikroorganisme yang bisa menginfeksi kulit. Pada akhirnya, mikroorganisme ini bisa menginfeksi kuku kaki dan menyebabkannya menjadi kuning serta rapuh.

2. Merusak kaki

Berjalan tanpa alas kaki di atas rumput atau permukaan keras seperti lantai sesekali mungkin terasa menyenangkan dan membantu menghilangkan stres. 

Namun, kebiasaan ini bisa merusak kaki tanpa disadari. Berjalan tanpa alas kaki di rumah setiap hari akan menyebabkan rasa sakit pada tumit kaki karena keseringan menopang bagian dalam kaki.

3. Cedera

Berjalan tanpa alas kaki mungkin membantu kulit kaki Anda untuk bisa bernapas setelah seharian memakai sepatu. Walau begitu, keseringan berjalan di dalam rumah tanpa alas kaki juga dapat menyebabkan cedera. Penelitian telah menunjukkan bahwa berjalan tanpa alas kaki bisa menyebabkan jatuh dan otot tertarik akibat jatuh.

4. Sakit punggung

Jika merasakan kaki pegal setelah berjalan tanpa alas kaki, itu ada alasan ilmiahnya. Berjalan tanpa alas kaki di permukaan yang keras menyebabkan distribusi berat secara tak merata di seluruh kaki. 

Ketidakseimbangan ini bisa memperburuk kelainan bentuk kaki dan memengaruhi bagian atas tubuh, menyebabkan lutut dan punggung terasa sakit.

5. Bau kaki

Berjalan tanpa alas kaki secara teratur bisa menyebabkan bau kaki yang tidak sedap. Sebab, bakteri di setiap sudut rumah dan kamar mandi lebih mungkin berkumpul di kaki yang tidak memakai alas kaki. Saat Anda berjalan tanpa alas kaki, kaki akan lebih mudah terkena infeksi yang bisa menyebabkan bau kaki.

Demikian risiko lepas alas kaki selama di dalam rumah yang dikutip dari Himedik.com. 

Untuk menjaga kebersihan rumah, tipsnya pakaikan sandal bersih khusus untuk digunakan di rumah.

sumber |  Bright Side/Himedik/ayobandung

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini