Sering-seringlah Makan Ikan Patin yang Banyak Manfaatnya

Editor: kairos author photo

 

Ikan patin yang banyak manfaatnya untuk kesehatan kita. foto | pikiranrakyat

KAIROS - KAMU suka makan ikan patin? Kalau ya, ada kabar gembira untukmu nih. Ternyata, ada banyak manfaat ikan patin bagi kesehatan yakni mulai dari menjaga kesehatan otak, menurunkan kolesterol, hingga mendukung kesehatan tulang dan otot.

Sekadar diketahui, ikan patin atau Pangasius, salah satu sumber protein hewani bernutrisi tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Ikan ini termasuk ke dalam jenis ikan air tawar.

Karena rasanya gurih dan dagingnya lembut, tak heran ikan patin digemari hampir semua kalangan, mulai dari anak-anak, ibu hamil, bahkan lansia. 

BACA PULA | 10 Manfaat Makan Ikan, Menyehatkan Tubuh Loh

Di Indonesia, ikan jenis ini sudah umum dikonsumsi dan diolah menjadi aneka hidangan, mulai dari ikan patin goreng atau bakar, sup ikan, hingga kerupuk ikan.

Kandungan Nutrisi Ikan Patin 

Setelah lewat penelitian, dalam 100 gram ikan patin terkandung sekitar 120 kalori dan ragam nutrisi berikut ini:

> 15 gram protein

> 5,9–6 gram lemak

> 10 miligram magnesium

> 200 miligram fosfor

> 300 miligram kalium

> 100 miligram natrium

> 10 mikgrogram folat

> 8,2 mikgrogram selenium

> 9 IU vitamin D

> 0,8 miligram vitamin E

> 0,5 miligram zinc

Selain kandungan gizi itu, ikan patin juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang berlimpah. 

Tak itu saja, ikan ini juga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin K, kalsium, serta kolin yang juga baik untuk kesehatan tubuh.

6 Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan

Lantaran kandungan gizinya yang cukup tinggi, ikan patin baik dikonsumsi memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari. 

Tak hanya itu, ikan patin juga menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan, di antaranya:

1. Cegah kardiovaskular dan Turunkan Kolesterol

Asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sehat dalam ikan patin, baik untuk jantung serta pembuluh darah. 

Ikan patin juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) serta mengurangi kolesterol jahat (LDL).

Jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol jahat bisa menumpuk dan memicu terjadinya sumbatan di pembuluh darah. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Makanya untuk memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, kamu perlu mencukupi asupan nutrisi harian, yang salah satunya bisa didapat dari ikan patin.

Namun, selain dengan mengonsumsi ikan ini, kamu juga perlu menyertainya dengan rutin berolahraga, menjalani pola makan sehat, menjauhi rokok dan minuman beralkohol, serta menjaga berat badan tetap ideal, guna menjaga kesehatan jantung.

2. Kesehatan otak terjaga

Selain baik untuk jantung, lemak omega-3, protein, serta aneka vitamin dan mineral yang terkandung pada ikan patin juga berguna untuk menjaga kesehatan otak, lho.

Beberapa riset menunjukkan bahwa pola makan sehat, termasuk dengan rutin mengonsumsi ikan, dapat menjaga fungsi dan kinerja otak, meningkatkan memori dan konsentrasi pada lansia, serta mengurangi risiko terjadinya penyakit tertentu pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

3. Kesehatan otot dan tulang

Protein yang terkandung dalam ikan patin berperan penting dalam proses pembentukan dan perbaikan jaringan tubuh, seperti kulit, otot, dan tulang. Selain itu, protein juga berperan dalam pembentukan energi serta beragam hormon dan enzim di dalam tubuh.

4. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah penyakit yang terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah. Penyakit ini bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan zat besi, folat, dan vitamin B12.

Untuk mencegah anemia, kamu perlu mencukupi asupan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti daging, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe, dan ikan, termasuk ikan patin.

5. Kontrol kenaikan berat badan

Bukan hanya mendukung kesehatan otot dan tulang, kandungan protein yang tinggi pada ikan patin juga diketahui baik untuk membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Hal ini bisa membuatmu lebih mudah mengontrol nafsu makan, sehingga berat badan pun lebih mudah dijaga.

Selain itu, ikan patin juga termasuk salah satu jenis makanan yang baik dikonsumsi di kala diet.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ikan patin bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehinggat membuatmu tidak mudah terkena penyakit. Bahkan, penelitian menemukan, rutin mengonsumsi ikan patin juga dapat mendukung proses pemulihan tubuh ketika sedang sakit atau cedera.

Ikan patin memang sehat untuk dikonsumsi, tapi untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari, kamu juga perlu menyertainya dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat lainnya, seperti sayur dan buah, daging, telur, kacang-kacangan, serta susu.

sumber | alodokter\riausky\pikiranrakyat

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini