Ssst.. Jangan Salah! Pria pun Punya Naluri Keibuan

Editor: kairos author photo

  

Pria pun ternyata punya naluri keibuan. foto | glitzmedia

KAIROS - Seorang ibu memiliki peran yang sangat penting dalam membesarkan anak-anaknya. Rasa kasih sayang dan tulus yang ada di dalam diri setiap ibu akan tumbuh dengan sendirinya. 

Hal ini biasanya disebut dengan naluri. Tapi sebuah fakta pernah mengungkapkan, naluri keibuan tidak hanya ada dalam diri perempuan. Tetapi juga laki-laki. 

Temuan itu pernah ditulis seorang penulis buku bernama Sarah Blaffer Hrdy. Lewat bukunya yang berjudul ‘Myths, Monkeys and Motherhood: An Intellectual Autobiography’, terungkap saat ia dan sang suami bertemu dengan cucunya, kadar hormon oksitosin di dalam tubuh mereka sama-sama meningkat. 

Oksitosin adalah hormon yang dikenal sebagai hormon cinta. Hormon oksitosin disebut mampu mengontrol tingkah laku manusia. Hormon oksitosin erat hubungannya dengan perempuan karena ada di dalam sistem reproduksi. Ternyata, hormon ini juga ada di dalam tubuh laki-laki.   

Itulah mengapa banyak laki-laki di sekitar kamu yang mungkin lebih piawai dalam menjaga dan merawat anak-anak dibandingkan dengan para perempuan. 

Penelitian ini juga semakin kuat karena didukung oleh penelitian lainnya. Salah satunya adalah penelitian berjudul Sex Beyond the Genitalia: The Human Brain Mosaic. 

Pada penelitian itu ditemukan kalau perbedaan jenis kelamin ternyata tidak membuat semua organ di dalam tubuh berbeda. Salah satunya adalah otak, yang juga menjadi rumah untuk hormon oksitosin.   

sumber\foto | glitzmedia

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini