Tak Cuma Superfood, Ini Manfaat Daun Bayam untuk Rambut

Editor: kairos author photo

 

Daun bayam, tak cuma bisa disayur tapi bermanfaat untuk rambut. foto | gambar.pro

KAIROS - BERKAT kandungan zat besi di dalamnya, bayam diduga bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut. Benarkah begitu? 

Berikut ini kata medis soal manfaat bayam untuk rambut.

Rambut dapat menunjang penampilan seseorang. Makanya, rambut mesti dijaga dengan saksama agar penampilan senantiasa optimal.

Salah satu bahan alami yang konon bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan rambut adalah bayam. 

Soalnya, bayam mengandung zat besi dan nutrisi lain yang disebut-sebut dapat mencegah rambut rontok, berminyak, dan berketombe.

foto | pixabay


Manfaat Daun Bayam untuk Rambut

Lantas, bagaimana medis menanggapi dugaan manfaat bayam untuk rambut? Yuk, cari tahu!

Menurut dr. Devia Irine Putri, bayam memang mengandung zat besi, vitamin A dan C, serta kalsium, yang semuanya berperan dalam pertumbuhan rambut.

Melansir Healthline, vitamin A dalam bayam dapat membantu kelenjar kulit memproduksi sebum. Zat berminyak ini dapat membantu melembapkan kulit kepala, sehingga terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah. 

Sementara itu, kandungan zat besi di dalam bayam disebut bisa menjaga kesehatan rambut secara keseluruhan. Sebab, zat itu dibutuhkan tubuh untuk mengedarkan oksigen ke seluruh bagiannya, termasuk rambut. 

Dalam penelitian yang tercatat di PubMed tahun 2013 juga dikatakan bahwa kekurangan zat besi berhubungan erat dengan kerontokan rambut. 

Lalu, bagaimana dengan vitamin C dan kalsium di dalam bayam? Adakah manfaatnya untuk rambut? Tentu saja.

Dikutip dari Stylecraze, vitamin C dalam bayam sangat baik untuk mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Vitamin C dapat berperan meningkatkan kadar kolagen dan keratin dalam rambut.

Sedangkan untuk kalsium, zat ini penting untuk pertumbuhan rambut yang kuat dan sehat. Pasalnya, kalsium dapat membantu sekresi hormon dan enzim di dalam tubuh. 

Jus Bayam

Anda bisa mengolah bayam dengan cara dijus. Agar lebih nikmat, Anda bisa menambahkan buah lain, seperti pepaya atau pisang. Buah-buah itu juga dapat mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Bayam Rebus 

Bayam rebus bisa menjadi lauk yang sehat untuk menu makan Anda sehari-hari. Apabila dikonsumsi dalam jumlah tepat dan dikombinasikan dengan menu sehat lainnya, manfaat bayam untuk rambut mungkin bisa dirasakan lebih optimal.

Minyak Bayam

Memijat kepala dengan minyak bayam dapat meningkatkan kesehatan kulit guna menunjang pertumbuhan rambut yang sehat.

Selain itu, pijat kepala juga bisa melancarkan sirkulasi darah sehingga kesehatan dan pertumbuhan rambut terjaga dengan lebih optimal.

Berstatus sebagai superfood, bayam dapat dikonsumsi dengan berbagai hidangan lain untuk menutrisi rambut dari dalam. Jangan lupa masukkan bayam dalam hidangan harian Anda, ya.

sumber\foto | klikdokter\gambar.pro\pixabay

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini