Tanda-tanda Anda Alergi Kosmetik, Begini Cara Mengatasinya

Editor: kairos author photo

 

Begini gejala alergi jika sering gonta-ganti alat kosmetik. foto | pikiranrakyat

KAIROS - WANITA, rasanya menjadi hal yang biasa ketika sering gonta ganti kosmetik. Banyak pertimbangan mereka dalam memilihnya, mulai dari warna yang senada dengan kulit hingga kualitas kosmetik itu saat diaplikasikan ke wajah.

Tapi, sejak sekarang berhati-hatilah! Soalnya kebiasaan ini bisa menyebabkan efek samping. 

Salah satunya, muncul tanda-tanda alergi. 

Kondisi ini dapat mengganggu penampilan sehingga wajib segera dirawat. 

Munculnya alergi di kulit atau bagian tubuh tertentu memang terjadi lantaran adanya paparan dari alergen, yakni unsur asing yang dikenali sebagai zat yang berbahaya oleh sistem kekebalan tubuh. 

Hasilnya, tubuh akan bereaksi terhadap zat asing tersebut. Reaksi ini yang disebut sebagai alergi. 

Hati-hati, Ini Tanda Alergi Kosmetik

Alergi kulit akibat kosmetik bisa berkembang dalam waktu yang sangat cepat, bahkan hanya dalam hitungan menit. Seringnya, alergi terjadi karena zat kimia yang ada dalam kosmetik tidak cocok dengan jenis kulit.

Alergi juga cukup umum terjadi pada wajah karena kulit wajah lebih sensitif daripada di tempat lain. Melansir Medical News Today, berikut ini tanda-tanda yang perlu diwaspadai saat alami alergi kosmetik, yaitu:

Biduran atau Bentol Disertai Gatal. 

Reaksi ini, salah satu tanda kamu sedang alergi. Biduran ini sering ditandai dengan rasa panas atau perih di kulit wajah, sensasi kesemutan, hingga kulit yang terasa gatal dan bengkak. 

Gejala biasanya muncul beberapa menit setelah kamu terpapar oleh alergen. Biasanya, bisa segera reda setelah 24 jam. Jika gejala tak kunjung hilang, segera periksa ke dokter untuk mendapat perawatan dari dokter kulit.  

Jerawat dan Komedo. 

Beberapa kasus, alergi kosmetik bisa ditandai dengan munculnya jerawat dan komedo di wajah. 

Hal ini merupakan reaksi yang ditunjukkan kulit sebagai tanda adanya paparan alergen. 

Selain itu, perubahan warna kulit juga bisa menjadi tanda adanya alergi kosmetik.

Ruam. 

Saat alami alergi, maka gejala kemerahan pada bagian kulit alias ruam juga bisa terjadi. Biasanya selain menjadi merah, kulit juga terasa gatal dan mudah mengelupas. Ruam ini juga sering terjadi pada kulit sekitar mata.

Bengkak. 

Alergi bisa menyebabkan mata dan bibir mengalami bengkak. Selain itu, alergi dapat ditandai dengan adanya rasa gatal, kulit terasa kering, hingga luka yang mungkin muncul.

Nah, secara garis besar, perawatan utama untuk atasi gejala alergi besar, di antaranya:

Konsumsi Antihistamin. 

Antihistamin dapat mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal pada ruam dan gatal-gatal di wajah. Zat ini juga membantu atasi gejala, seperti mata berair, hidung tersumbat, dan kesulitan bernafas. Antihistamin tersedia dalam bentuk tablet, krim, tetes mata, dan semprotan hidung. 

Oleskan Pelembab. 

Pelembab alami seperti dari aloe vera dapat membantu melembabkan kulit kering dan mengurangi gatal. 

Mereka juga membentuk lapisan yang akan melindungi terhadap alergen. 

Kompres Dingin. 

Kain yang sejuk dan lembap bisa diandalkan untuk meredakan gatal dan mengurangi peradangan. Ini dapat ditempatkan pada kulit kapan saja untuk meringankan ketidaknyamanan yang terjadi.

Penting diketahui, saat mendapati kulit wajah alergi, kamu wajib mencari tahu produk mana yang menjadi penyebabnya. Setelah itu, pastikan untuk menghentikannya.

sumber\foto | halodoc\pikiranrakyat

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini