AWAS..!! Ini Efek Buruk Kalau Konsumsi Jahe Berlebihan

Editor: kairos author photo

 

Jahe yang bermanfaat bagi kesehatan, namun kalau konsumsi terlalu banyak berisiko terhadap kesehatan juga. foto ilustrasi | pixabay

KAIROS - JAHE memang punya segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan manfaat itu terbilang ajaib. Jahe mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, membantu meredakan kram menstruasi, mengobati sakit tenggorokan, membantu mengatasi mual, dan juga membantu menurunkan berat badan.

Namun, di balik itu semua, jahe pun ternyata bisa menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh, kalau dikonsumsi secara berlebihan. 

Lantas apa saja efek buruk konsumsi jahe berlebihan? Berikut ulasannya sebagaimana diberitakan Times Now News.

1. Iritasi tenggorokan

Di satu sisi, jahe dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan yang disebabkan oleh radang amandel atau masalah kesehatan lainnya. Namun, jika berlebihan mengonsumsinya, asupan jahe justru dapat mengganggu lapisan mukosa mulut dan tenggorokan.

2. Diare

Jahe adalah bahan yang menjaga saluran pencernaan tetap bersih dan sehat. Namun, ketika dikonsumsi terlalu banyak, senyawa yang terkandung di dalamnya dapat mempercepat laju makanan yang dikeluarkan lewat usus sehingga memicu diare.

3. Memicu pendarahan

Jahe memiliki sifat antiplatelet. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat tinggi, jahe dapat menyebabkan pendarahan. Selanjutnya, ketika jahe dicampur dengan cengkih dan bawang putih, pendarahan bisa memburuk. Itu mungkin menjadi bumerang bagi kesehatan.

4. Detak jantung tak teratur

Pasien yang memiliki masalah jantung dan sedang menjalani pengobatan sering diingatkan akan efek konsumsi jahe. Konsumsi jahe berlebih pada pasien jantung dapat meningkatkan risiko detak jantung tidak teratur.

5. Penyebab keguguran

Calon ibu juga diperingatkan untuk tidak konsumsi jahe berlebihan karena risiko keguguran. Ginekolog dan ahli nutrisi telah lama merekomendasikan untuk konsumsi jahe kurang dari 1.500 mg dalam sehari untuk menghindari risiko keguguran

Namun, agar lebih aman, hindari dulu konsumsi jahe selama 9 bulan.

sumber\foto | ayobandung\timesnownews

reporter | mey

Share:
Komentar

Berita Terkini