Benarkah Minum Air Dingin Bakar Kalori Lebih Banyak? Ini Penjelasannya

Editor: kairos author photo

Mengonsumsi air dingin, foto ilustrasi | pixabay

KAIROS - TAK cuma menyegarkan, minum air dingin juga katanya dapat membantu penurunan berat badan. Ini karena minum air dingin dipercaya dapat membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Benarkah begitu? Mari simak faktanya berikut ini.

Pada dasarnya, minum banyak air putih memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, dengan minum air putih, terutama sebelum makan, bisa membantumu untuk menurunkan nafsu makan dan membuatmu lebih cepat kenyang.

Fakta Minum Air Dingin Bakar Kalori Lebih Banyak 

Anggapan minum air dingin mampu membakar lebih banyak kalori nyatanya tidak sepenuhnya salah, lho. Sebuah studi menyebutkan, minum segelas air dingin bisa membakar sekitar 8 kalori lebih banyak dibandingkan dengan minum air bersuhu ruangan.

Hal itu bisa terjadi karena saat minum air dingin, tubuh akan mengeluarkan energi lebih banyak untuk menyesuaikan suhu air yang dikonsumsi dengan suhu tubuh. Selain itu, saat mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, metabolisme di dalam tubuh juga meningkat akibat terjadinya proses thermogenesis.

Kendati begitu, perbedaan jumlah kalori yang dibakar setelah minum air dingin sebenarnya tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan minum air hangat atau air bersuhu ruangan.

Jika pola dan jenis makanan yang dikonsumsi juga tidak disesuaikan dan hanya mengandalkan konsumsi air dingin saja, maka target penurunan berat badan pun akan sulit tercapai.

Cara Turunkan Berat Badan yang Efektif

Seperti yang disebutkan sebelumnya, untuk menurunkan berat badan secara efektif tidak cukup hanya dengan mengandalkan minum air dingin saja. Selain itu, salah satu hal yang perlu dicermati jangan sampai kesehatan terabaikan hanya karena fokus mengejar penurunan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan dengan cara yang lebih sehat dan efektif, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yaitu:

Tetapkan tujuan penurunan berat badan yang realistis. Jangan sampai berlebihan dan justru berisiko menggangu kesehatanmu.

Selanjutnya minum air putih 8 gelas sehari dan biasakan untuk minum segelas air putih setiap sebelum makan.

Konsumsi makanan tinggi protein, seperti ikan, putih telur, atau daging dada ayam.

Konsumsi makanan tinggi serat, seperti sayuran dan buah-buahan.

Terapkan kebiasaan makan yang baik, misalnya dengan makan secara perlahan dan jangan melewatkan waktu makan.

Hindari konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, seperti permen, cokelat kemasan, soda, atau teh kemasan.

Berolahraga sesuai kemampuanmu secara rutin. Kamu bisa memilih jenis olahraga yang kamu senangi, misalnya jogging, jalan cepat, bersepeda, berenang atau justru olahraga yang berfokus pada kekuatan, seperti plank, push-up, dan pull-up.

Ingat, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usaha untuk menurunkan berat badan harus dilakukan secara konsisten. Selain itu, jangan hanya fokus pada penurunan berat badan yang cepat, karena biasanya rentan untuk kembali naik dan justru menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. Semoga bermanfaat!

sumber\foto | alodokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini