Buah Mangga, Usir 4 Jenis Penyakit Berbahaya Ini

Editor: kairos author photo

 

Buah mangga berkhasiat mengusir ragam penyakit.  foto | pixabay

KAIROS - KITA pasti kenal buah mangga, bukan? Buah berwarna kuning dengan rasa manis menyegarkan ini ternyata punya segudang manfaat yang luar biasa dalam menjaga kesehatan. Diketahui, beberapa penyakit bisa dicegah dan diatasi dengan rutin mengonsumsi mangga.

Mangga mengandung sumber antioksidan yang disebut zeaxanthin, yang menurut studi tahun 2019, kandungan zeaxanthin diketahui dapat meningkatkan kesehatan mata serta mencegah kerusakan indera penglihatan akibat degenerasi makula.

Rutin Konsumsi Mangga untuk Kesehatan

Melansir dari Medical News Today, ada empat masalah kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi manfaat buah mangga. Ini dia.

1. Kanker usus besar

Mengonsumsi buah mangga dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Hal ini telah diungkap lewat studi pada tahun 2014 di Jepang, yang menyebut bahwa mangga memiliki sumber karotenoid yang berkontribusi bagi kesehatan tubuh.

Menurut Skin Cancer Foundation, mangga juga memiliki kandungan beta-karoten dapat membantu melindungi dari kanker kulit. Selain itu, mangga juga dikatakan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan lewat tikus pada tahun 2019, ditemukan bahwa beberapa senyawa pada mangga memiliki efek kuat pada pengurangan risiko diabetes. Mangga juga dapat menurunkan berat badan, mengurangi kadar gula darah, serta menurunkan kadar lemak dalam darah.

Di samping itu, studi yang dilakukan pada tahun 2014 mengatakan, bahwa mengonsumsi mangga beku-kering dapat mengurangi kadar gula darah, di mana ini dapat mengurangi risiko obesitas.

3. Penyakit jantung

Kandungan serat, potassium, dan vitamin yang ada di buah mangga, dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah arteri dan juga mengurangi risiko penyakit jantung. Di samping itu, mangga kaya akan kalium, yang dapat mengurangi risiko dari tekanan darah tinggi.

4. Penyakit kulit

Buah mangga juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut berkat kandungan vitamin A-nya. Mangga dapat mencegah masalah kulit berminyak, serta membantu melembapkan batang rambut.

Kandungan vitamin A juga dapat membantu pertumbuhan semua jaringan tubuh, salah satunya kulit dan juga rambut.

Itu tadi manfaat buah mangga yang bisa mencegah hingga mengatasi berbagai penyakit dinukil Suara.com. Sedikit saran, manfaat buah mangga bisa diterima maksimal oleh tubuh dengan tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat. Semoga bermanfaat.

sumber\foto | ayobandung

reporter | mey

Share:
Komentar

Berita Terkini