Inilah Jenis Kursi Roda, Berikut Fungsinya

Editor: kairos author photo
Salah satu jenis kursi roda. foto | dokumen KAIROS

KAIROS - Digunakan untuk membantu orang dengan kondisi kesulitan berjalan dan bergerak, berikut empat jenis kursi roda yang perlu Anda tahu.

Kursi roda merupakan alat bantu medis yang digunakan pasien dengan kondisi kesulitan berjalan maupun menggerakkan anggota tubuh.

Perangkat ini biasanya direkomendasikan untuk pasien yang mengalami cedera atau patah tulang tungkai dan kaki, lumpuh total, serta memiliki gangguan keseimbangan.

Kursi roda juga direkomendasikan untuk orang dengan gangguan muskuloskeletal (otot, saraf, tendon, sendi, ligamen, serta tulang belakang), masalah neurologis maupun tidak sanggup berjalan jauh.

Nah, jika Anda memiliki salah satu kondisi tersebut, penting mengetahui terlebih dahulu jenis kursi roda berdasarkan fungsinya. Berikut empat di antaranya:

1. Manual Wheelchairs

Definisi manual wheelchairs, jenis kursi roda yang digerakkan secara manual menggunakan tangan. Jenis ini didesain dengan roda belakang berukuran besar.

Perangkat ini juga menyediakan velg yang memungkinkan pengguna mendorong roda secara mandiri ke arah depan dan belakang. Selain itu, manual wheelchairs juga memungkinakan penggunanya melakukan gerakan berputar. 

Manual wheelchairs juga didesain dengan pegangan di belakang sandaran kursi. Fungsinya, agar kursi roda dapat didorong oleh orang lain. 

Alat bantu ini umumnya digunakan oleh pasien dengan kondisi cedera atau patah kaki sebagian. Juga, untuk orang yang tidak dapat menggerakkan tubuh, namun masih sanggup mengoperasikan kursi roda secara mandiri.

Keunggulan lain kursi roda jenis ini adalah bobotnya yang ringan, mudah dilipat, dan ringkas dibawa ke mana pun.

Sayangnya, manual wheelchairs dapat menyebabkan penggunanya merasa cepat lelah. Terutama ketika digunakan untuk melakukan perjalanan jauh maupun dioperasikan dalam waktu yang lama.

Lebih dari itu, penggunaan manual wheelchairs secara terus-menerus dapat menyebabkan masalah kesehatan. Hal ini terjadi jika penggunanya tidak meluangkan waktu untuk sekadar berdiri.

2. Powered Wheelchairs

Disampaikan dr Dyah Novita Anggraini, powered wheelchairs merupakan jenis kursi roda elektrik. Alat bantu jalan ini menggunakan tenaga baterai untuk bergerak. 

Karena fitur otomatis itu, jenis kursi roda ini tidak menyebabkan penggunanya merasa cepat lelah. Selain itu, powered wheelchairs juga memungkinkan penggunanya melakukan gerakan yang tidak mungkin dilakoni ketika menggunakan kursi roda manual.

Kursi roda elektrik ini direkomendasikan bagi pasien yang memiliki keterbatasan fisik maupun tidak memiliki tenaga mengoperasikan manual wheelchairs.

3. Pediatric Wheelchairs

Diketahui pula, pediatric wheelchairs merupakan kursi roda yang dirancang khusus untuk anak-anak. Dari macam-macam kursi roda yang ada, jenis ini dapat berupa kursi roda yang dioperasikan secara manual maupun elektrik.

Beberapa jenis pediatric wheelchairs didesain untuk memfasilitasi gangguan mobilitas yang dialami anak. Alat bantu ini membantu mempercepat proses adaptasi anak pengguna kursi roda. 

4. Sport Wheelchairs

Jenis kursi roda selanjutnya yaitu sport wheelchairs. Alat bantu jalan ini didesain khusus untuk berolahraga, meliputi basket, tenis, balap, rugby, maupun jenis olahraga lainnya. 

Spesifikasi sport wheelchairs pun disesuaikan dengan jenis olahraganya. Meski begitu, umumnya kursi roda ini dioperasikan secara manual.

Sport wheelchairs untuk olahraga basket misalnya, didesain dengan roda miring ke luar. Jenis ini membantu atlet menjaga keseimbangan, sembari memberikan ruang lebih untuk gerak tubuh bagian atas.

Umumnya, sport wheelchairs juga dilengkapi dengan empat roda kecil. Letaknya berada di bawah dua roda utama yang berukuran besar. 

Fitur ini membantu menjaga keseimbangan atlet. Beberapa jenis kursi roda untuk olahraga ini juga didesain dengan fitur khusus untuk melindungi kaki atlet dari risiko cedera. 

sumber\foto | klikdokter

reporter| yey

Share:
Komentar

Berita Terkini