Rony Dozer Meninggal Dunia, Ini Ciri-ciri Serangan Jantung

Editor: kairos author photo
Rony Dozer meninggal dunia. foto | Instagram

KAIROS - RONY Dozer dilaporkan meninggal dunia pada Kamis (11/11/2021), dalam usia 46 tahun. Lewat akun Instagram @dozersmile75 milik Rony, keluarga mengumumkan penyebab kematiannya diduga kuat akibat serangan jantung.

"Telah berpulang ke rumah Bapa di Surga 11 November 2021 Roni Antonius Setiawan/Rony Dozer karena serangan jantung. Mohon dibukakan pintu maaf sebesar-besarnya. Keluarga," tulis keluarga Rony dalam Instagram Story sebagaimana disiarkan Republika, Jumat, 12 November 2021.

Penyebab kematian Rony juga diungkapkan rekannya Rency Milano. 

Menurut Rency, Rony sempat bercerita padanya bahwa dia sedang sakit.

"Selamat jalan sahabatku. Tadi pagi padahal kita baru telponan. Aku dengar suaramu kayak susah bicara, kamu sakit cerita. Aku nggak nyangka pembicaraan kita tadi pagi terakhir. RIP @dozersmile75," tulis Rency Milano di caption foto feed akun Instagram-nya.

Rony Dozer dikenal lewat program sketsa komedi TV Extravaganza yang tayang 2004-2015. Dia juga pernah membintangi sejumlah film dan sinetron sepanjang kariernya.

Ciri-ciri Serangan jantung

Menurut Director Clinical and Preventive Cardiology, Heart Institute di Medanta (India), dr Sanjay Mittal, ada kategori tertentu orang yang berolahraga dapat memicu serangan jantung.

Penyempitan katup aorta, jika ada anomali sirkulasi jantung, itu berarti arteri jantung berasal dari sinus yang salah. Ketidakteraturan listrik jantung dapat memengaruhi seseorang untuk pingsan setelah berolahraga.

"Sebaiknya evaluasi diri Anda sebelum olahraga berat. Masalah tidak terdeteksinya penyakit jantung adalah masalah yang sangat serius," kata Mittal.

tanda gejala gagal jantung yang harus diwaspadai termasuk di usia muda. serangan jantung dapat menyebabkan kerusakan besar pada kesehatan. 

Namun, mungkin Anda tidak menyadari bahaya dari risikonya. 

Dr Mittal membagikan beberapa tanda yang tak boleh diabaikan. 

> Jika seseorang merasa pusing atau pusing saat berolahraga, Anda harus terlebih dulu mengevaluasi diri sendiri.

> Jika Anda menderita hipertensi (hipertensi ekstrem), penting untuk mengontrol tekanan darah Anda dan kemudian berolahraga. 

> Jika Anda punya riwayat keluarga dengan seorang anak muda yang tiba-tiba pingsan tanpa peringatan, Anda mungkin membawa gen yang membuat Anda rentan terhadap keruntuhan tertentu.

> Jika Anda mengalami ketidaknyamanan dada, sesak napas yang tidak semestinya, evaluasi diri Anda. Obat peningkat kinerja dapat menyebabkan ketidakteraturan jantung dan kolaps, bahkan serangan jantung.

Profesor dan Kepala Departemen Kardiologi Dewasa, Rumah Sakit Amrita, Kochi, dr Rajesh Thachathodiyl mengatakan serangan jantung dikenal sebagai penyakit penuaan. 

Biasanya, terjadi pada orang di atas usia 60 tahun rentan terhadapnya.

Namun, kondisi itu telah berubah selama beberapa tahun terakhir dan sekarang semakin banyak populasi muda yang menjadi mangsa ini. 

"Juga benar meskipun Anda terlihat sangat bugar dan sehat dari luar, di dalam tubuh Anda dapat timbul penyakit yang sama sekali tidak Anda sadari," ujarnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan serangan jantung pada populasi muda. Yang paling utama, stres yang memicu masalah seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, insomnia, kebiasaan makan yang buruk, dan tidak mengikuti gaya hidup sehat. Sebelum skenario kerja dari rumah ini, kebanyakan orang biasa bepergian ke kantor mereka dan mengunjungi banyak tempat, dan karenanya gerakan tubuh aktif.

Setelah pandemi melanda, rutinitas aktif semua orang berhenti dan sekarang gaya hidup lesu inilah yang diadaptasi anak-anak muda dengan duduk sepanjang hari di depan komputer dan kemudian TV. 

Ketika Anda memiliki riwayat kesehatan keluarga penyakit jantung, Anda harus ekstra hati-hati dengan gaya hidup Anda.

Berolahraga dan menjaga pola makan sehat sampai batas tertentu itu baik, tapi di luar itu, Anda perlu berhati-hati. Latihan yang ketat hanya dapat direncanakan setelah pemeriksaan jantung menyeluruh.

Sarannya, periksa kesehatan secara teratur dan mengetahui apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Biarkan ahli kesehatan memberikan saran untuk Anda.

sumber\foto | ayobandung\republika

reporter | mey

Share:
Komentar

Berita Terkini