Sah! Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Editor: kairos author photo

Jenderal Andika Perkasa. foto | riausky 

KAIROS - RAPAT paripurna DPR RI menyetujui Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI. Forum pengambilan keputusan tertinggi parlemen ini digelar Senin (8/11/2021).

"Sidang dewan perkenankan kami bertanya, apakah laporan komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan dan uji kelayakan tentang pemberhentian Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan penetapan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI itu dapat disetujui?" kata Ketua DPR RI Puan Maharani saat memimpin sidang paripurna di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen. "Setujuu," koor anggota dewan yang hadir. 

Setelah mendapat persetujuan, Ketua DPR RI pun mempersilakan Jenderal Andika Perkasa memperkenalkan dirinya sebagai Panglima TNI di hadapan anggota parlemen yang hadir di ruang rapat paripuna. 

Sebelumnya, Jenderal Andika Perkasa telah melalui sejumlah rangkaian untuk menjadi orang-orang nomor satu di TNI ini. 

Pada Rabu 3 November 2021, pimpinan DPR menerima surat presiden (Surpres) dari Istana melalui menteri sekretaris negara (Mensesneg) Pratikno. 

Selanjutnya, Kamis 4 November, Komisi I DPR menggelar rapat internal untuk mengatur jadwal pelaksanaan dan kepatutan (uji kelayakan dan kelayakan). Sebelum tahapan ini, Komisi I DPR terlebih dulu menggelar pemasangan administrasi pada Jumat, 5 November. 

Selanjutnya, setelah administrasi dinyatakan lengkap, Komisi I DPR pun memutuskan mengeglar fit and propper test pada hari Sabtu 6 November dalam rangka mendengar visi dan misi dari Andika Perkasa. 

Setelah menjalankan fit and propper test, Komisi I DPR pun menggelar verifikasi faktual ke kediaman Andika Perkasa di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, pada Minggu 7 November 2021. 

Akhirnya, hari ini Jenderal Andika Perkasa mendapatkan persetujuan dari DPR RI lewat sidang paripurna. 

reporter | johan

sumber\foto | riausky

Share:
Komentar

Berita Terkini