Ini Daftar Sayuran yang Baik bagi Ibu Hamil

Editor: kairos author photo

 

ilustrasi kehamilan. foto | pixabay

kairos - Ibu hamil butuh asupan nutrisi berkualitas yang dapat diperoleh dari sayuran. Berikut ini daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil. Menjaga asupan nutrisi selama kehamilan sangatlah penting. Salah satu caranya yaitu dengan mengonsumsi sayuran yang baik untuk ibu hamil (bumil).

Contoh sayuran yang bagus untuk ibu hamil di antaranya brokoli, kangkung, bayam dan paprika.

Mengapa jenis sayuran itu direkomendasikan untuk ibu hamil? Ketahui jawabannya lewat ulasan berikut.

1. Brokoli

Brokoli mengandung banyak nutrisi baik yang diperlukan ibu hamil. Sayuran ini mengandung serat, vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. 

Berdasarkan studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi sayuran seperti brokoli dapat mengurangi risiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah.

2. Kale

Makanan sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil selanjutnya yaitu kale. 

Stephanie Pedersen, MS, seorang ahli gizi menyebut kale mengandung 3 gram serat dan 10 persen kebutuhan harian kalsium yang diperlukan untuk membangun kesehatan tulang.  Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K.

“Vitamin A dan C diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh bumil. Sementara vitamin K baik untuk kesehatan pembuluh darah ibu hamil,” katanya.

Pembuluh darah bertugas mengalirkan oksigen dan nutrisi ke plasenta. Asupan ini dibutuhkan untuk tumbuh kemban janin. 

3. Paprika

Ibu hamil direkomendasikan mengonsumsi banyak buah dan sayuran berwarna mencolok, seperti hijau, merah, oranye, kuning maupun ungu. Pigmen warna alami tersebut mengandung beragam vitamin dan mineral yang diperlukan bumil dan si kecil.

Salah satu sayuran berwarna mencolok yang baik untuk ibu hamil yaitu paprika. Sayuran ini kaya akan vitamin C, yang membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh. 

Zat besi merupakan mineral yang berperan penting menunjang pertumbuhan, maupun fungsi saraf dan otak bayi. 

4. Bayam

Bayam merupakan menu sayuran untuk ibu hamil yang mengandung banyak nutrisi. Sayur hijau ini kaya akan asam folat alias vitamin B9 yang membantu mencegah keguguran.

Asam folat dalam bayam juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan kognitif maupun sumsum tulang belakang janin.

Selain itu, bayam juga banyak mengandung zat besi, mineral penting yang berperan dalam produksi sel darah merah. Manfaat zat besi untuk bumil yaitu menurunkan risiko anemia (kekurangan sel darah merah), yang tidak lain merupakan masalah umum selama kehamilan.

Terdapat pula vitamin B1 dan B2 dalam sayur bayam untuk membantu perkembangan penglihatan maupun sistem saraf janin.

Bayam juga bermanfaat menyeimbangkan kadar kolesterol, mengontrol tekanan darah, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bumil.

Demikian daftar sayuran yang baik untuk ibu hamil. Semoga info ini bermanfaat

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

tulisan asli

Share:
Komentar

Berita Terkini