Inilah Pembeda Gejala Flu dan Tanda Awal Kehamilan

Editor: kairos author photo
Tanda-tanda kehamilan yang diawali flu. foto ilustrasi | kumparan

KAIROS - FLUdan keham ilan punya gejala awal yang cukup mirip, yakni sakit dan kelelahan. Ketahui perbedaan gejala itu di sini.

Saat pergantian musim, cuaca di luar rumah suka tak menentu. Dampaknya, beberapa orang dapat mengalami gejala flu, seperti sakit kepala dan kelelahan. 

Namun, gejala flu atau influenza yang dialami wanita sering kali mirip dengan gejala hamil, lho. 

Untuk membedakan gejala flu dan ciri-ciri hamil, sebaiknya simak ulasan berikut ini, ya. 

Membedakan Kelelahan Karena Gejala Flu dan Tanda Awal Kehamilan

Baik flu maupun kehamilan bisa membuat wanita merasa lemas dan kelelahan.  Menurut studi yang dipublikasi Pubmed, kelelahan akibat infeksi virus influenza disebabkan oleh peradangan di otak.

Ketika terkena flu, sistem kekebalan tubuh akan merespons dan melawan virus penyebab flu.

Respons ini menyebabkan stres dan peradangan di dalam tubuh. Efek dari respons inilah yang sering membuat orang merasa lemas dan kelelahan. 

Sementara itu, kelelahan sebagai tanda awal kehamilan terjadi karena tubuh sedang mempersiapkan banyak perubahan dan memasok kalori ekstra ke rahim. Ketika kekurangan energi yang berasal dari kalori, tubuh jadi terasa lemas dan lelah.

Melansir dari Cleveland Clinic, kelelahan pada awal kehamilan juga bisa disebabkan oleh kadar hormon progesteron yang tinggi. 

Umumnya, kelelahan saat hamil akan hilang saat trimester kedua. Namun, akan kembali terasa saat trimester ketiga.

Dokter Devia Irine Putri menambahkan, “Ditambah jika usia kehamilan semakin bertambah, masalah sulit tidur atau sering buang air kecil bisa menyebabkan kelelahan pada ibu hamil.”

Flu juga dapat ditandai dengan gejala sakit kepala. Sakit kepala karena flu umumnya disebabkan oleh penyumbatan di saluran sinus saat pilek.

Selaput lendir yang melapisi sinus dan rongga hidung Anda bisa mengalami peradangan. Dampaknya, peradangan di sinus akibat flu ini bisa menyebabkan sakit kepala. 

Sementara itu, sakit kepala yang menjadi tanda awal hamil belum diketahui pasti penyebabnya. Namun, beberapa ahli kesehatan menduga perubahan hormon dan peningkatan volume darah berperan menjadi penyebab sakit kepala di awal-awal kehamilan.

Tanda-Tanda Kehamilan yang Harus Diketahui 

Tanda kehamilan pada setiap wanita akan berbeda-beda. Akan tetapi, tanda umum yang menandakan kehamilan adalah menstruasi atau haid yang terlambat. 

Beberapa tanda-tanda kehamilan lain yang harus diketahui adalah:

> Payudara membengkak, lembut, atau membesar.

> Areola payudara warnanya jadi lebih gelap.

> Mual dan muntah.

> Sering buang air kecil.

> Kembung, mulas, atau sembelit.

> Perubahan suasana hati.

> Keluar bercak darah dari vagina atau perdarahan implantasi.

Terdapat beberapa gejala yang umumnya terjadi saat Anda mengalami flu, di antaranya:

> Demam.

> Nyeri pada otot atau tubuh.

> Panas dingin.

> Hidung berair atau tersumbat. 

> Batuk.

> Sakit tenggorokan.

> Hilangnya selera makan.

Demikian perbedaan gejala flu dan tanda-tanda kehamilan. Kendati sama-sama menimbulkan kelelahan dan sakit kepala, namun gejala lain yang muncul akan sangat berbeda.

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini