Kapal Tenggelam, 11 WNI Tewas dan 27 Hilang

Editor: kairos author photo

11 WNI dilaporkan tewas di perairan Malaysia setelah kapal imigran mereka tenggelam. foto ilustrasi | cnnindonesia

KAIROS - Kapal motor tenggelam di perairan wilayah selatan Malaysia, Rabu (15/12/2021), Akibat peristiwa ini 11 migran Indonesia dilaporkan tewas dan 27 orang lainnya masih hilang.

Mengutip AFP, otoritas Malaysia menyebut, kapal motor yang tenggelam di tengah badai itu merupakan kapal migran ilegal. Mereka biasa memasuki Malaysia melalui jalur laut ke Johor, Malaysia.

Sementara itu, tentara yang berpatroli menemukan tujuh mayat pria dan empat mayat wanita di pantai, kata Kepala Penjaga Pantai, Laksamana Mohamad Zubil Mat Som, dikutip dari AFP.

"Kami sangat menyayangkan tragedi mematikan ini," tutur Zubil.

"Saya mengimbau migran untuk tidak memasuki Malaysia secara ilegal."

Mengutip Reuters, orang yang selamat ditemukan di pantai di Tanjung Balau, Malaysia.

Warga lain yang hilang dipercaya sedang bersembunyi atau tenggelam. Otoritas juga mengerahkan kapal dan pesawat untuk mencari mereka.

Beberapa warga RI yang mencari kerja biasanya mencoba memasuki Malaysia secara ilegal menggunakan perahu yang hampir hancur dan kecelakaan seringkali terjadi.

Sekadar diketahui, Malaysia merupakan tempat jutaan migran dari berbagai wilayah miskin di Asia. Banyak dari mereka yang tak terekam dalam dokumen atau ilegal. Beberapa dari mereka bekerja di bidang konstruksi dan agrikultur.

Malaysia, yang dekat dengan Indonesia, kerap menjadi tempat tujuan migran asal RI. Malaysia dan RI sama-sama tergabung dalam ASEAN dan sering bekerjasama.

Pemerintah kedua negara juga sempat merencanakan kerja sama untuk menangani pandemi Covid-19 yang kini melanda dunia.

sumber\foto | CNN Indonesia 

reporter | agung

Share:
Komentar

Berita Terkini