Kentut, Ini Ragam Fakta Unik yang Perlu Kamu Tahu

Editor: kairos author photo

 

Kentut ternyata banyak manfaatnya. foto ilustrasi | klikdokter

KAIROS - BUANG angin alias kentut ternyata memiliki segudang misteri yang belum banyak diketahui. Salah satunya, menghirup kentut pun bermanfaat. Lantas apa saja fakta unik itu? Simak di sini, yuk!

Sekadar diketahui, kentut merupakan mekanisme tubuh yang sebenarnya terjadi secara alami. Namun, tak sedikit orang yang masih menganggap kentut sebagai hal yang jorok. Apakah kamu salah satunya? Hmmm...

Tidak dipungkiri, jika merujuk pada norma kesopanan, kentut memang sebaiknya tidak sembarangan, apalagi di dekat orang lain, di tempat ibadah, atau saat makan. Tapi jika dilihat dari sisi medis, kentut hal yang sebaiknya tidak ditahan-tahan karena terbukti dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Meski sering dianggap jorok, tidak sopan, atau lainnya, kentut ternyata menyimpan beragam fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui.

Fakta Unik Kentut

Inilah ragam fakta unik dari 'buang angin' itu.

1. Baik untuk Usus Besar

Kentut, bagian dari proses pencernaan makanan. Aktivitas ini bermanfaat untuk kesehatan usus besar, karena sebagian gas yang keluar merupakan “kotoran” sisa proses pencernaan atau fermentasi dari bakteri yang terdapat dalam saluran cerna Anda.

Jika tak dikeluarkan, sebagian gas yang mengandung kotoran tersebut dapat diserap kembali oleh tubuh. Jadi, menahan kentut terlalu lama dapat menimbulkan masalah pada usus besar Anda.

2. Jadi Peringatan Awal

Fakta menarik lainnya tentang kentut bisa menjadi alarm akan adanya masalah saluran cerna. Khususnya jika berbau menyengat, frekuensinya terlalu sering, atau disertai rasa nyeri.

Periode kentut pada seseorang dapat bervariasi. Jumlah dan frekuensi gas yang dikeluarkan bisa memprediksi apa yang sedang terjadi di dalam saluran cerna Anda.

3. Keseimbangan Diet

Kentut dapat membantu Anda mengetahui apakah makanan yang dikonsumsi cukup sehat untuk saluran cerna. Hal ini karena gas yang Anda keluarkan saat kentut merupakan sisa dari makanan yang dicerna.

4. Indikator Kebutuhan Serat

Fakta unik lainnya, kentut bisa menjadi indikator apakah Anda kekurangan serat atau tidak. Jika jarang kentut, itu merupakan tanda bahwa mungkin Anda perlu makan serat lebih banyak lagi.

5. Indikator Konsumsi Prebiotik

Kentut juga bisa menjadi indikator apakah konsumsi prebiotik Anda cukup atau sebaliknya.

Faktanya, kentut yang berbau sangat menyengat mungkin menandakan kalau Anda terlalu banyak makan daging dan kurang mengonsumsi prebiotik seperti yoghurt.

6. Sebagai Penanda Setelah Bius Total

Bagi pasien yang telah menjalani operasi dengan bius umum atau bius total, setelah Anda sadar, buang angin menjadi indikator seseorang apakah boleh makan atau tidak setelah operasi.

Ketika sudah bisa buang angin, maka saluran pencernaan dianggap sudah kembali normal. Dengan begitu, kamu boleh untuk memulai makan kembali.

7. Mengurangi Perut Kembung

Jika perut Anda terasa kembung atau begah setelah makan dalam porsi besar, kentut adalah jalan keluarnya. Ya, faktanya kentut membantu proses pengeluaran gas yang terperangkap di dalam saluran cerna, sehingga perut kembung atau begah akibat makan dalam porsi besar bisa berkurang.

8. Menghirup Kentut pun Bermanfaat

Walau masih menuai kontroversi dan belum memiliki bukti yang benar-benar jelas, ada ahli medis yang mengatakan bahwa menghirup gas kentut baik untuk kesehatan tubuh.

Pasalnya, gas kentut mengandung hidrogen sulfida, yang merupakan sisa proses pencernaan dan fermentasi dari bakteri usus.

Dalam jumlah kecil, gas itu bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah. Namun jika terhirup dalam jumlah banyak, gas itu justru berbahaya bagi kesehatan Anda.

Itu ragam fakta unik seputar kentut. Mana diantara penjelasan itu yang bikin kamu terkejut? ;)

sumber\foto | Klikdokter

reporter | yey 

Share:
Komentar

Berita Terkini