Pertolongan Pertama pada Patah Tulang Pergelangan Tangan

Editor: kairos author photo
Ilustrasi tulang tangan patah foto | orami

KAIROS - MASALAH pergelangan tangan patah adalah kondisi gawat darurat yang mesti segera ditangani dengan tepat. Pasalnya, penderita bisa saja mengalami rasa nyeri parah, yang mungkin diikuti oleh perdarahan, bengkak, atau lebam.

Pergelangan tangan patah biasanya disebabkan oleh cedera parah. Kondisi tersebut pun bisa terjadi akibat kecelakaan saat berkendara, terpeleset ketika naik dan turun tangga, atau akibat hal-hal lainnya.

Sebelum ke dokter, ada baiknya orang yang di sekitar korban melakukan tindakan pertolongan pertama guna meringankan keluhannya.

Pertolongan Pertama untuk Pasien Patah Pergelangan Tangan

Berikut adalah cara memberikan pertolongan pertama pada korban patah pergelangan tangan: 

Menghindari Perdarahan

Apabila terdapat perdarahan, Anda bisa menekan bagian tubuh tersebut menggunakan kain bersih. Hal ini dapat dilakukan hingga perdarahan berkurang atau berhenti.

Jika cedera membuat tulang yang patah keluar dari kulit, pastikan untuk tidak menyentuhnya. Jika hal tersebut dilakukan, cedera yang dialami korban bisa semakin parah.

Berikan Kompres Es

Mengompres es pada area yang cedera dapat mengurangi pembengkakan. 

Menurut dr. Devia Irine Putri, es memiliki suhu rendah sehingga bisa membantu menyempitkan pembuluh darah.

“Hal itu bisa membuat aliran darah melambat, sehingga peradangan dan kerusakan di pembuluh darah dapat berkurang. Hal ini bisa meringankan risiko pembengkakan dan nyeri,” kata dr. Devia.

Buatkan Belat

Untuk memperkecil gerakan pada lengan yang cedera, Anda bisa membuatkan belat dari penggaris atau gulungan koran.

Pasangkan belat tersebut dengan tepat, agar tidak mengganggu sirkulasi darah korban.

Laporkan Kejadian Lengkapnya Kepada Dokter

Saat bantuan medis sudah tiba di tempat, pastikan untuk menjelaskan kondisi korban sedetail mungkin kepada dokter. Hal ini untuk membantu dokter melakukan tindakan selanjutnya.

Dokter mungkin akan melanjutkan laporan Anda dengan rontgen lengan, untuk selanjutnya dipasangkan bidai atau gips. Operasi mungkin juga diperlukan untuk mengatur ulang letak tulang.

Melansir National Health Service, kebanyakan kasus patah pergelangan tangan dapat pulih dalam 6–8 minggu. Durasi tersebut bisa lebih lama, khususnya jika lengan atau pergelangan tangan mengalami cedera parah.

Guna membantu pemulihan, pasien juga perlu melakukan hal-hal berikut ini:

> Usahakan agar tangan tetap terangkat di atas siku. Saat tidur, gunakan bantal untuk mempertahankan posisi tangan agar tetap lebih tinggi daripada siku.

> Ikuti saran latihan yang dianjurkan dokter ataupun fisioterapis.

> Minum obat penghilang rasa sakit sesuai dosis.

> Selain itu, ada pula hal-hal yang perlu dihindari agar kondisi tidak memburuk. Hal tersebut, antara lain:

> Jangan biarkan gips basah. Salah satu upaya yang bisa dilakukan dengan menggunakan pelindung gips antiair. Benda ini bisa dibeli di apotek terdekat.

> Jangan garuk area bawah gips, karena rentan memicu infeksi.

> Jangan mengemudi atau mencoba mengangkat benda berat. Kedua aktivitas ini baru boleh dilakukan setelah ada izin dokter. Semoga info ini bermanfaat.

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini