Tips Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Bercahaya

Editor: kairos author photo

 

Pelbagai hal bisa dilakoni untuk menjaga kesehatan mata. foto ilustrasi | pixabay

kairos - Kesehatan mata harus dijaga karena hal itu sangat penting. Lantas, bagaimana cara merawat mata yang baik? Simak panduan lengkapnya di sini.

Sekadar diketahui, mata, indra yang punya peran penting bagi kehidupan. Sayangnya, tak sedikit orang yang masih mengabaikan kesehatan mata. Apakah Anda salah satunya?

Jika ya, Anda mulai harus lebih peduli terhadap kesehatan mata. Hal ini khususnya jika Anda tak ingin mengalami gangguan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Lantas, apa saja hal-hal yang perlu untuk menjaga kesehatan mata kita? Berikut ini beberapa cara, diantaranya:

1. Menjaga Pola Makan

Apa yang Anda konsumsi tak hanya untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari. Faktanya, makanan yang dikonsumsi juga sekaligus membantu menjaga vitalitas organ tubuh, termasuk mata. 

Karena itu, sebagai upaya merawat mata, Anda perlu menerapkan pola makan bergizi seimbang setiap hari. 

2. Perhatikan Mikronutrien yang Baik untuk Mata

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3, lutein, zink, serta vitamin C dan E, yang diketahui baik untuk menjaga fungsi mata.

Semua kandungan gizi tadi bisa membantu menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula.

Jenis makanan yang bisa menjadi pilihan adalah sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, brokoli, dan sebagainya. 

Ikan salmon atau tuna adalah sumber omega-3 yang juga perlu Anda konsumsi dalam jumlah seimbang guna menjaga fungsi mata. Telur dan kacang-kacangan pun bisa menjadi pilihan. 

Jangan lupa juga untuk melengkapi menu sehari-hari dengan buah-buahan, seperti jeruk dan stroberi, ya.

3. Stop Merokok

Rokok memberikan dampak buruk bagi kesehatan, termasuk mata. Berbagai kandungan zat yang bersifat racun di dalam produk tembakau itu bisa meningkatkan risiko penyakit mata, yang berkaitan dengan pembuluh darah dan retina.

Agar tidak menyesal di kemudian hari, sebaiknya berhenti merokok hari ini juga.

4. Pakai Kacamata Hitam saat Beraktivitas di Luar Ruangan

Penggunaan kacamata hitam bisa melindungi mata dari paparan langsung sinar ultraviolet (UV) matahari.

Paparan sinar UV dalam jangka panjang bisa menyebabkan gangguan pada mata, seperti pterygium, katarak, hingga degenerasi makula. 

Makanya, bila banyak beraktivitas di bawah sinar matahari, jangan lupa pakai kacamata hitam, ya.

5. Beri Mata Waktu untuk Beristirahat

Penggunaan komputer, laptop, smartphone, dan perangkat elektronik lain secara terus-menerus atau dalam waktu lama bisa menyebabkan mata lelah.

Untuk mencegahnya, terapkan aturan 20-20-20. Artinya, setiap 20 menit Anda mesti mengalihkan pandangan sejauh 20 kaki (sekitar 6 meter), dan dilakukan selama 20 detik.

6. Gunakan Kacamata yang Tepat

Mengalami gangguan refraksi yang membuat Anda mesti menggunakan kacamata? Jika ya, Anda mesti menggunakan ukuran kacamata, baik plus, minus, atau silinder, yang sesuai.

Hal itu dapat membantu Anda untuk terhindar dari mata lelah akibat akomodasi berlebih.

7. Merawat dan Menjaga Kebersihan Lensa Kontak

Tak sedikit pemilik mata minus, plus, atau silinder yang memilih menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Alasannya, karena lebih praktis dan tidak membatasi kegiatan.

Tidak ada salahnya memilih lensa kontak, asalkan Anda mampu menjaga kebersihannya dengan baik. Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum memakai dan melepas lensa kontak.

Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa lensa kontak. Jangan menggunakannya saat tidur atau berenang agar tidak terjadi iritasi mata.

8. Hindari Mata Kering

Pengguna lensa kontak harus rutin meneteskan air mata buatan (artificial tears) supaya terhindar dari mata kering. 

Selain itu, hindari paparan angin atau AC secara langsung ke arah mata, karena dapat meningkatkan risiko keluhan mata kering.

9. Perhatikan Riasan Mata

Banyak wanita yang membubuhkan area sekitar mata dengan eyeshadow, eyeliner, dan sebagainya untuk mempercantik penampilan. 

Hal itu memang tak dilarang. Namun, agar kesehatan mata tetap terjaga, Anda wajib membersihkannya dengan benar seusai beraktivitas.

Riasan mata yang tidak dibersihkan dapat menyumbat kelenjar di area itu. Hal ini akan meningkatkan risiko bintitan dan iritasi mata.

10. Periksa Mata secara Berkala

Meski tidak ada keluhan, Anda disarankan untuk rutin memeriksakan mata setiap 6 bulan sekali. Hal ini penting, apalagi jika Anda adalah pengguna kacamata atau lensa kontak.

Dengan cek mata secara rutin, gangguan pada mata bisa terdeteksi sejak dini sehingga terapi dapat segera diberikan sebelum muncul komplikasi. 

Walau ukurannya kecil, mata memiliki fungsi yang vital dalam kehidupan. Karenanya, jaga kesehatan mata Anda dengan cara-cara di atas. Selamat mencoba! 

reporter | yey

sumber\foto | KlikDokter

artikel asli

Share:
Komentar

Berita Terkini