Di PeduliLindungi, Ini Panduan Tiket Vaksin Booster

Editor: kairos author photo

  

Panduan untuk memastikan tiket mendapatkan vaksin booster. foto | klikdokter

kairos - KASUS Covid-19 yang disebabkan varian Omicron membuat para pengamat kesehatan di Indonesia khawatir akan terjadi gelombang ketiga.

Pemerintah akhirnya menggiatkan vaksinasi booster untuk masyarakat umum mulai Januari 2022. Tiket vaksin booster bisa dicek lewat PeduliLindungi.

Bagaimana cara cek tiket vaksin booster di PeduliLindungi itu? Lantas bagaimana jika nama kamu belum terdaftar untuk vaksin booster? Simak di bawah ini.

Cek Tiket Vaksin Booster di PeduliLindungi

Sebelum mengetahui jadwal vaksin booster di PeduliLindungi, Anda perlu mengetahui beberapa catatan untuk mendapatkan booster vaksin COVID-19.

Vaksin booster akan diberikan gratis untuk masyarakat Indonesia yang sudah berusia 18 tahun ke atas.

Lalu, vaksin booster akan diberikan untuk masyarakat yang sudah mendapatkan dosis vaksin primer (dua kali suntik). Vaksinasi booster harus memiliki rentang waktu 6 bulan pascasuntik dosis kedua.

Pemberian booster akan diprioritaskan untuk lansia dan kelompok rentan, seperti orang dengan gangguan kekebalan. 

Tiket dan jadwal vaksin booster dapat dilihat dari website ataupun aplikasi PeduliLindungi.

1. Website

Jika Anda menggunakan website, kunjungi www.pedulilindungi.id. Untuk melihat jadwal, lengkapi nama dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pastikan Anda tidak salah dalam memasukkan alamat web dan identitas diri. Jika sudah benar, klik periksa.

2. Aplikasi

Buka akun di aplikasi PeduliLindungi yang sudah terdaftar. Jika belum terdaftar, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Untuk membuat akun di aplikasi PeduliLindungi, Anda akan diminta memasukkan nomor handphone dan NIK. Pastikan nomor HP yang digunakan masih aktif.

Jika sudah memiliki akun, klik “Profil” lalu “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”.

Untuk cek tiket vaksin booster, masuk ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin.

Jika sudah terdaftar, maka status maupun jadwal vaksin booster akan terlihat. Pada laman akun, akan tertulis keterangan waktu dan tempat vaksinasi

Seandainya Nama Kamu Belum Terdaftar

Dijelaskan dr. Devia Irine Putri, jika memang Anda termasuk golongan prioritas dan belum terdaftar untuk mendapatkan booster COVID-19, Anda dapat mendaftarkan diri di fasilitas kesehatan terdekat.

“Bila belum mendapatkan tiket vaksin booster di aplikasi PeduliLindungi dan termasuk golongan prioritas, bisa ke fasilitas kesehatan terdekat dengan membawa KTP dan bukti vaksin dosis 1 dan 2,” ucap dr. Devia.

Pastikan saat mendaftar di faskes, Anda memberikan data diri yang akurat. Gunakan nomor HP dan NIK pribadi untuk menghindari kendala administrasi.

Gunakan Sertifikat Vaksin dengan Bijak

Saat ini sertifikat vaksin juga menjadi dokumen penting yang perlu Anda tunjukkan sebagai syarat perjalanan. Karena itu, pergunakan dan simpan sertifikat vaksin dengan bijak.

Jangan mengunggah sertifikat di media sosial. Pasalnya, dalam sertifikat itu tercantum data diri. 

Jika Anda menggunakan sertifikat vaksin untuk bepergian atau memasuki kawasan wajib vaksin, sertifikat hanya boleh diperlihatkan kepada petugas berwenang.

Jika sudah punya sertifikat digital, kamu tak perlu mencetak kartu tanda vaksin. Menunjukkan sertifikat digital sudah cukup untuk berbagai keperluan di luar sana. Selamat mencoba!

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini