Gejala Penyakit Jantung Bisa Terlihat di Kulit

Editor: kairos author photo

 

Salah satu gejala penyakit jantung. foto |  klik dokter

kairos - ADA beberapa masalah kulit yang terkait dengan penyakit jantung. Kenali, waspadai, dan segera konsultasikan ke dokter jika menemukan tanda-tanda seperti ini.

Saat jantung bermasalah, penderitanya tidak hanya mengalami gejala berupa nyeri dada, sesak napas, badan lemas, dan penurunan kesadaran. 

Faktanya, gangguan jantung juga dapat menimbulkan sederet masalah pada kulit. Penyakit kulit karena jantung bisa berupa pembengkakan di area kaki, kulit bertekstur serupa lilin, kulit membiru, serta ruam cokelat dan kemerahan.

Mengapa penyakit jantung dapat menimbulkan sederet masalah kulit tersebut? Yuk, cari tahu!

1. Pembengkakan di Kaki Bagian Bawah

Berdasarkan American Academy of Dermatology Association (AAD), jantung yang bermasalah dapat menyebabkan gangguan kulit berupa pembengkakan kaki bagian bawah.

Dalam medis, kondisi ini dikenal sebagai edema alias pembengkakan akibat adanya cairan berlebih yang terperangkap di jaringan tubuh tertentu.

Edema dapat disebabkan oleh gagal jantung kongestif. Kondisi ini terjadi karena salah satu atau kedua ruang bawah jantung tidak lagi sanggup memompa darah secara efektif.

Akibatnya, darah yang berasal dari kaki dan mengalir menuju jantung malah berputar balik. Darah kemudian kembali ke kaki bagian bawah dan menyebabkan edema.

2. Kulit Bertekstur Serupa Lilin

Kulit bertekstur serupa lilin dapat mengindikasikan adanya masalah kardiovaskular. Pada gilirannya, hal ini berkaitan dengan risiko penyakit jantung.

Tekstur lilin dan berwarna oranye kekuningan pada kulit terjadi karena adanya timbunan kolesterol. Kondisi ini dinamakan sebagai xanthoma.

Endapan kolesterol ini dapat muncul di bawah kelopak mata, sudut mata, garis telapak tangan, dan belakang kaki bagian bawah. 

Selain kadar kolesterol tinggi, kulit lilin juga dapat mengindikasikan diabetes yang tidak terkontrol. Diabetes itu sendiri merupakan salah satu faktor risiko masalah pada jantung.

3. Ruam dan Benjol Serupa Jerawat

Timbunan lemak atau kolesterol dapat menimbulkan ruam dan benjol serupa jerawat. 

Hal ini terjadi karena lonjakan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Jenis xanthoma ini umumnya muncul secara mendadak.

4. Kulit Membiru

Kulit membiru atau berwarna keunguan juga dapat menandakan adanya penyakit jantung. 

Disampaikan dr. Sepriani Timurtini Limbong, hal tersebut terjadi karena penyakit jantung, seperti sumbatan arteri, menyebabkan aliran darah ke area kulit berkurang. 

“Kondisi itu bisa terjadi, misalnya di bibir atau ujung jari. Bagian tersebut tampak seperti berwarna biru atau ungu,” jelas dr. Sepriani.

Dalam medis, kondisi jari tangan, kuku, atau bibir membiru karena kekurangan oksigen disebut sebagai sianosis.

5. Pola Jaring Biru

Selain kulit membiru, arteri yang tersumbat dapat pula menyebabkan munculnya pola jaring berwarna kebiruan di area lengan. 

Pola jaring ini dikenal medis dengan sebutan livedo reticularis. Livedo reticularis mengindikasikan adanya kadar kolesterol yang sangat tinggi.

6. Telapak Kaki atau Tangan Berwarna Merah Kecokelatan

Jika jantung atau pembuluh darah mengalami infeksi, hal ini dapat menyebabkan telapak kaki atau tangan memiliki ruam berwarna merah kecokelatan.

Ruam dapat mengindikasikan infeksi jantung berbahaya, yang dikenal medis dengan sebutan endokarditis infektif. 

Kondisi ini terjadi karena permukaan endokardium jantung, termasuk katup-katup jantung, terinfeksi patogen, seperti bakteri, jamur, atau parasit.

Endokarditis infektif dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang luas dan sering berakibat fatal. Semoga info ini bermanfaat.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini