Ini Dia, Titik Pijat yang Ampuh Atasi Sakit Kepala

Editor: kairos author photo

  

Mengatasi sakit kepala beberapa titik ini bisa dipijat. foto ilustrasi  | klikdokter

kairos - SAKIT kepala adalah keluhan yang bisa terjadi pada siapa saja, dan dapat mengganggu aktivitas penderitanya. Tak heran, sebagian orang yang sering mengalaminya berlomba-lomba mencari cara untuk mengatasi keluhan tersebut.

Salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan mengonsumsi obat yang diberikan dokter. Namun, jika tak ingin melulu bergantung pada obat, Anda bisa mengatasi keluhan dengan melakukan pijatan untuk sakit kepala.

Agar bisa meraih manfaat optimal dari pijatan (akupresur) tersebut, Anda mesti terlebih dahulu tahu titik-titik yang tepat. 

Berikut ini beberapa titik pijat sakit kepala agar keluhan bisa segera teratasi:

1. Puncak Kepala

Titik GV 20 atau disebut Bai Hui berada di puncak kepala, sedikit di belakang ubun-ubun besar. Bagian ini merupakan salah satu titik utama, yang dapat meredakan sakit kepala. 

Berikan penekanan sedang sebanyak 30 kali untuk meredakan keluhan.

2. Dahi

Di dahi, terdapat beberapa titik untuk meredakan sakit kepala. Titik pertama adalah GV 24,5 atau disebut Yin Tang. Titik ini berada di antara kedua pangkal alis, tepat di atas pangkal hidung.

Titik kedua adalah UB 2, yang disebut Zan Zhu. Lokasinya berada di bawah kedua pangkal alis, berdekatan dengan sudut mata bagian dalam. 

Berikan tekanan setidaknya satu menit pada kedua sisi yang telah disebutkan.

3. Wajah

Titik ST 3 atau disebut Juliao terletak di kedua sisi lubang hidung, di bawah tulang pipi. Letaknya kurang lebih sejajar dengan pupil (bagian hitam) mata.

Selain mengurangi sakit kepala, penekanan pada titik ini dapat meredakan keluhan sinusitis dan sakit gigi.

4. Pelipis

Terdapat banyak titik untuk meredakan sakit kepala migrain yang terletak di pelipis. Titik GB 4 hingga 7, yang terletak di sepanjang garis rambut dan berdekatan dengan ujung telinga, misalnya. 

Penekanan pada titik-titik tersebut secara bersamaan bisa memberikan hasil yang lebih baik untuk mengurangi keluhan.

5. Leher

Terdapat 4 titik di area leher yang berhubungan dengan sakit kepala. Titik utama, yaitu GV 16 atau yang disebut Feng Fu. Titik ini terletak di belakang kepala, di antara kedua telinga dan persis di ujung atas tulang belakang.

Berikutnya adalah titik GB 20 atau Feng Chi. Titik ini terletak di bawah dasar tengkorak, tepatnya di cekungan antar dua otot leher.

Selanjutnya adalah titik BL 10 atau Tianzhu, yang terletak dua jari di bawah titik GB 20. Titik ini persis berada di sisi kanan dan kiri tulang belakang.

6. Tangan

Di tangan Anda terdapat sebuah titik yang terletak di antara persambungan ibu jari dan telunjuk. Titik ini disebut sebagai LI 4 atau He Gu, yang juga merupakan bagian utama untuk mengurangi sakit kepala, sakit punggung, dan sakit gigi.

Namun, dilarang menekan titik ini saat hamil, karena dapat menyebabkan kontraksi dinding rahim.

7. Kaki

Di kaki, terdapat 2 titik tekan untuk mengurangi sakit kepala, khususnya migrain. Titik pertama adalah LV 3 atau Tai Chong, yang terletak di punggung kaki, antara ibu jari dan telunjuk.

Titik kedua adalah GB 41 atau Zu Lin Qi, yang terletak di punggung kaki, antara jari manis dan kelingking.

8. Bahu

Titik ini berada di tengah, antara sendi bahu dan pangkal leher. Gunakan telunjuk dan jari tengah dari tangan yang berlawanan untuk memberikan tekanan yang kuat dan lembut pada titik ini. Ingatlah untuk melakukan hal yang sama di sisi yang berlawanan.

Mengaktifkan titik tekanan pada area bahu dapat membantu meredakan kekakuan atau ketegangan otot di bagian tersebut. Hal ini pun bisa membantu meredakan sakit kepala tegang (tension type headache).

Perlu diperhatikan bahwa stimulasi titik-titik pijat tersebut hanya untuk keluhan sakit kepala primer dengan intensitas ringan dan sedang. Teknik ini tergolong aman dan tidak berbahaya. 

Anda pun tidak perlu menekan seluruh titik tersebut. Cukup satu atau dua titik saja selama beberapa saat untuk meredakan keluhan sakit kepala yang sedang dialami.

Apabila Anda mengalami sakit kepala atau migrain yang cukup berat, sebaiknya jangan andalkan metode tersebut. Lebih baik segera berobat ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut. 

Anda pun dianjurkan untuk tidak melakukan pijatan dengan menekan bagian-bagian tersebut apabila mengalami salah satu dari jenis sakit kepala berikut: 

Menyebabkan Penglihatan Kabur 

Memijat dengan menekan bagian tubuh yang telah disebutkan juga sebaiknya dihindari oleh orang yang rutin mengonsumsi obat pengencer darah, ibu hamil, penderita kanker, harus dioperasi dalam waktu dekat, atau dalam kondisi gawat darurat lainnya.

Anda juga harus menunggu untuk melakukan pijatan setidaknya 20 menit setelah berolahraga, makan dalam jumlah besar, atau mandi.

Ingin mencoba memijat pada titik-titik tertentu pada tubuh untuk meredakan sakit kepala? Anda dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dulu ke dokter. 

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini