Sakit Punggung Sebelah Kiri, Ini Penyebabnya

Editor: kairos author photo
Beberapa penyebab sakit punggung sebelah kiri. foto | klikdokter

kairos - Sakit punggung sebelah kiri dapat disebabkan kondisi seperti kerusakan jaringan lunak, hingga masalah organ dalam. Ketahui penjelasannya lewat ulasan berikut.

Akibat sakit punggung sebelah kiri memicu rasa nyeri yang ditimbulkannya pun bervariasi. 

Beberapa orang mengeluhkan sakit punggung serupa ditusuk benda tajam. 

Sementara lainnya, merasakan punggung kiri bagian bawahnya nyeri seperti dihantam benda tumpul. Rasa sakit tersebut menjalar dari tulang, sendi, ligamen, maupun otot. 

Durasi sakit punggung kiri sangatlah beragam. Ada yang mengeluhkan rasa nyeri timbul dan menghilang. Ada pula yang merasakan sakit punggung secara terus menerus, bahkan kian memburuk secara perlahan.

Lantas, apa penyebab punggung sebelah kiri terasa sakit? Berikut penjelasannya!

1. Kerusakan Jaringan Lunak

Kerusakan jaringan lunak di bagian otot, ligamen, cakram maupun persendian yang menopang tulang belakang, tidak hanya menyebabkan rasa sakit di pusat tulang belakang. Kondisi ini juga mencetuskan nyeri punggung bawah sebelah kiri.

Jenis kerusakan jaringan penyebab sakit punggung sebelah kiri yang paling umum yaitu kerusakan otot. 

Disampaikan dr Bradley Tucker dari Penn Medicine, kerusakan otot dipicu oleh kondisi terlalu tegangnya otot-otot punggung bagian bawah. 

Hal ini karena otot terlalu banyak digunakan atau diregangkan. 

“Salah satu aktivitas yang menyebabkan otot menegang yaitu postur tubuh yang buruk ketika duduk. Ketika posisi lutut, pergelangan kaki, pinggul, dan siku tidak membentuk 90 derajat saat duduk, hal ini menyebabkan ketegangan otot,” jelas pria yang juga menjabat sebagai Asisten Profesor Clinical Physical Medicine and Rehabilitation itu.

Nah, ketegangan otot lambat laun dapat menyebabkan peradangan. Hal ini bisa membuat punggung sebelah kiri terasa nyeri.

Kerusakan jaringan penyebab sakit punggung kiri lainnya yaitu cedera ligamen. Ligamen merupakan jaringan berserat serupa pita elastis. Jaringan ini berperan menghubungkan tulang di dalam tubuh.

Ketika ligamen terkilir akibat meregang ataupun robek, kondisi ini bisa menyebabkan peradangan. Disampaikan dr. Devia Irine Putri, kondisi ini juga bisa membuat punggung sebelah kiri sakit.

"Terutama jika lokasi cedera berada di sisi kiri punggung. Karena saat cedera timbul reaksi peradangan, akibatnya muncul rasa nyeri," jelasnya.

Selain kerusakan otot dan ligamen, kerusakan jaringan di cakram dan persendian juga bisa menimbulkan nyeri di area punggung kiri bagian bawah. 

Kondisi ini sering muncul pascacedera ringan akibat benturan saat berolahraga ataupun kecelakaan mobil.

2. Gangguan Tulang

Gangguan tulang seperti spinal stenosis alias penyempitan tulang belakang dapat memicu sakit punggung sebelah kiri. Nyeri punggung kiri juga disebabkan oleh kondisi radang sendi (arthritis) maupun pembentukan tulang taji alias penonjolan tulang di bagian tepi.

Lainnya, punggung kiri terasa sakit bisa karena sendi-sendi facet (area yang membentuk tulang belakang) mengalami cedera. Sederet kondisi ini dapat menimbulkan peradangan yang menyebabkan nyeri punggung bagian kiri.

Selain itu, menurut dr. Tucker, ketika cedera terjadi di area punggung lainnya, hal ini juga bisa mencetuskan nyeri di kiri punggung bagian bawah.  

“Misalnya ketika seseorang mengalami nyeri punggung kanan akibat radang sendi. Karena ingin meminimalkan rasa sakit, dia cenderung mencondongkan badan ke kiri. Cara ini justru menyebabkan otot dan persendian sebelah kiri kelelahan, akibat digunakan secara berlebihan,” jelasnya. 

3. Masalah Organ Dalam

Sakit punggung sebelah kiri juga bisa menandakan adanya peradangan, infeksi, maupun iritasi pada organ-organ dalam yang berada di area punggung tengah, perut ataupun panggul.  

Gangguan organ dalam yang dimaksud antara lain:

> Infeksi ginjal

> Batu ginjal

> Pankreatitis (peradangan pankreas)

> Kolitis ulseratif (peradangan usus besar)

> Gangguan ginekologi seperti endometriosis dan fibroid di rahim

Itulah sederet penyebab sakit punggung bawah sebelah kiri. Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar masalah kesehatan lainnya, konsultasikan ke dokter agar segera ditangani dengan cepat dan tepat.

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

artikel asli

Share:
Komentar

Berita Terkini