Nasi atau Ubi, Mana Lebih Baik? Nih Penjelasan Spesialis Gizi

Editor: kairos author photo

Ubi dijadikan sebagai pengganti nasi. foto | sajiansedap.grid

kairos - UBI alias singkong dapat diolah menjadi berbagai jenis menu, mulai dari manis hingga asin. Ubi kayu ini bisa menjadi salah satu makanan pilihan saat berbuka puasa atau menu sore.

Singkong sering dijadikan makanan utama pengganti nasi, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program penurunan berat badan. 

Kandungan serat yang tinggi pada Singkong memberikan efek kenyang lebih cepat.

Menurut dr Jovita Amelia, Sp.GK, dokter spesialis gizi Rumah Sakit Pelni, jumlah kalori dalam satu porsi nasi (sekitar 100gr) sama dengan 120 gram singkong.

"120 gram singkong atau dua potong singkong ukuran kecil atau sedang itu setara dengan satu porsi nasi. Jadi jumlah kalorinya sama 175 kalori, karbohidrat sama 40 gram, protein juga sama," ujarnya belum lama ini.

dr Jovita menjelaskan, hal yang membedakan adalah mikronutrien, seperti kalium, natrium, serat dan mineral lainnya. Kandungan kalium pada singkong sekitar 271 mg per 100 gram atau tertinggi dibandingkan lainnya.

Dia menambahkan, kandungan gizi pada singkong yang sudah diolah tidak mengalami perubahan. Namun, jumlah kalorinya akan bertambah, tergantung dari cara pengolahannya.

"Kalau digoreng jumlah kalorinya akan bertambah dari minyak, ditambahkan tepung juga sama. Tapi, kalau jumlah karbohidrat, kalium, natrium dan mineral lainnya, kurang lebih sama," pungkasnya.

sumber\foto | sajiansedap.grid\pangan.sariagri

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini