Nih, Nonton Film Sedih Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Editor: kairos author photo

 

Tanpa diduga ternyata menonton film sedih ada manfaatnya juga. foto | klikdokter

kairos - TERNYATA nonton film sedih ada manfaatnya terutama untuk kesehatan mental. Apa saja manfaat nonton film sedih itu? Cari tahu selengkapnya di sini, ya!

Nah, film yang bernuansa keluarga atau percintaan biasanya menampilkan adegan-adegan yang membuat emosi Anda bergejolak. Tak jarang, terdapat pula beberapa adegan yang membuat Anda menitikkan air mata.

Meski membuat perasaan sedih muncul ke permukaan, nyatanya film-film yang demikian bisa membuat penonton merasa legah setelah menyaksikannya. Apakah Anda salah satu yang juga pernah merasakan sensasi itu?

Usut punya usut, perasaan lega tersebut ternyata merupakan salah satu manfaat menonton film sedih, lho!

Manfaat Nonton Film Sedih

Ragam manfaat nonton film sedih bagi kesehatan mental:

1. Meluapkan Perasaan Sedih yang Terpendam

Dijelaskan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog, menonton film emosional bisa membuat Anda meluapkan perasaan sedih yang terpendam.

“Menonton film sedih bisa membantu individu menjadi lebih aware dengan kondisi emosi pribadinya,” kata Ikhsan.

“Dengan demikian, ia dapat menerima emosinya tersebut dan meluapkan perasaan sedih yang terpendam dengan meneteskan air mata,” sambungnya.

2. Meningkatkan Toleransi Rasa Sakit

Melansir The Guardian, para peneliti di Universitas Oxford mengatakan bahwa menonton film beradegan emosional dapat meningkatkan toleransi rasa sakit hingga 13%.

Sebab, tontonan yang demikian bisa meningkatkan kadar bahan kimia penghilang rasa sakit (endorfin) yang diproduksi di otak.

Dengan meningkatnya endorfin, seseorang akan merasa lebih jauh bahagia. Risikonya untuk mengalami stres juga jauh lebih rendah.

3. Lebih Bersyukur dengan Keadaan Saat Ini

Sebagian besar film yang bersifat emosional menunjukan keadaan yang sangat menyedihkan. Hal ini bisa membuat empati Anda tergugah.

Adegan-adegan penderitaan yang ada di film juga bisa membuat Anda lebih bersyukur dengan keadaan saat ini.

4. Melihat Hal Positif dari Masalah yang Ada

Manfaat lain dari menonton film sedih adalah dapat membantu Anda melihat sisi positif dari kejadian atau masalah yang tengah dihadapi.

“Film sedih biasanya menunjukkan bahwa akan selalu ada kebaikan di balik semua masalah yang datang silih berganti asalkan dihadapi dengan sepenuh hati,” ucap Ikhsan.

5. Membantu Mengonfirmasi Hal yang Sedang Dirasakan

Tanpa disadari, film sedih bisa membuat Anda meluapkan emosi negatif yang mungkin selama ini dipendam sendiri.

“Film sedih bisa membantu mewakili hal yang Anda rasakan. Dengan demikian, Anda pun bisa mengonfirmasi kondisi yang sebenarnya sedang dirasakan,” tutur Ikhsan.

6. Membuat Anda Lebih Bahagia

Manfaat lain dari menonton film sedih adalah dapat membuat Anda lebih bahagia. Karena, menangis lantaran menyaksikan adegan emosional bisa membuat tubuh Anda mengeluarkan hormon stres (kortisol) dan ‘racun’.

Pelepasan hormon kortisol yang dibarengi dengan produksi dopamin bisa meningkatkan perasaan bahagia dari dalam diri.

7. Membuat Gambaran Hidup Lebih Positif

Awalnya, menonton kisah-kisah emosional memang bisa menguras energi.

Namun, tanpa disadari, melihat kisah hidup yang disajikan dalam film sedih dapat membuat Anda berpikir untuk bangkit dari permasalahan yang sedang dihadapi.

Satu hal yang perlu digarisbawahi, manfaat yang disebutkan di atas mungkin akan dirasakan secara berbeda pada setiap orang. Pasalnya, Ikhsan menyebut bahwa setiap individu memiliki cara yang berbeda dalam menyikapi kesedihan.

Makanya, jika kamu merasa lebih tertekan saat menonton film sedih, cobalah untuk mencari bantuan psikolog.

sumber\foto | KlikDokter 

reporter | mey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini