Pacu Metabolisme Tubuh, Lakoni Ini Tiap Pagi

Editor: kairos author photo

 

Sarapan pagi. foto | istockphoto

kairos - KEBIASAAN kamu di pagi hari dapat memengaruhi metabolisme tubuhmu. Simak kebiasaan pagi hari yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh di sini.

Sekadar diketahui, metabolisme merupakan salah satu kunci utama bagi tubuh untuk menyediakan energi. Proses metabolisme ini dengan mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi  guna mempertahankan fungsi tubuh normal.

Penelitian menunjukkan metabolisme itu sebuah proses yang harus dimiliki untuk mempertahankan kehidupan.

Penurunan proses metabolisme dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti diabetes dan obesitas.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memicu proses metabolisme dalam tubuh. Berikut beberapa kebiasaan pagi hari yang sederhana, dan mudah untuk diterapkan di rumah.

Sarapan, salah satu cara paling penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Konsumsilah sarapan sehat untuk memberikan energi bagi tubuh, meningkatkan konsentrasi, mempermudah mengurangi berat badan, juga memicu metabolisme yang baik.

Sebaiknya konsumsi sarapan yang mengandung serat, protein, lemak baik, vitamin, dan mineral.

Minuman ini membantu Anda tetap terhidrasi sembari meningkatkan metabolisme. Air lemon hangat akan membuang produk sisa atau limbah tubuh sembari menyehatkan sistem pencernaan.

Lemon juga membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh, meremajakan kulit, memperbaiki suasana hati, membersihkan produk sisa metabolisme hati, serta mengurangi refluks asam lambung.

Tingkatkan Intensitas Olahraga

Latihan interval intensitas tinggi atau dikenal dengan nama latihan HIIT. Latihan ini dapat memicu metabolisme tubuh.

Diketahui bawah gerakan intens yang dilakukan selama 2,5 menit terus-menerus dapat membakar kalori hingga mencapai 200 kalori.

Berolahraga di pagi hari juga ditemukan lebih mampu meningkatkan metabolisme dibandingkan di waktu lainnya.

Angkat Beban

Olahraga aerobik mampu membakar kalori, namun mengangkat beban akan membentuk massa otot.

Ketika memiliki massa otot yang rendah, metabolisme akan melambat. Maka dari itu, penting untuk memasukkan olahraga angkat beban ke dalam rutinitas olahraga Anda.

Gunakan Pelacak Kebugaran

Pelacak kebugaran kini tersedia dalam berbagai bentuk, seperti jam tangan. Pelacak kebugaran tersebut mudah dibawa kemana-mana dan dapat memantik motivasi untuk bangun pagi serta berolahraga.

Alat ini dapat mengingatkan Anda terkait kondisi kesehatan dan kebugaran. Pelacak kebugaran juga dapat memotivasi Anda untuk tetap bergerak aktif.

Itu dia ragam aktivitas atau kebiasaan yang dapat meningkatkan metabolisme di pagi hari. Kombinasikan kelima hal tersebut dengan mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan tidur yang cukup di malam hari agar metabolisme tubuh tetap bekerja dengan baik.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini