Rambutmu Berminyak, Singkirkan dengan Cara Ini

Editor: kairos author photo

 

Tips mengatasi rambut berminyak. foto | klikdokter

kairos - KULIT kepala dan rambut berminyak tentunya membuat tidak nyaman. Namun tak perlu khawatir, Anda bisa mengatasi kondisi itu dengan perawatan sederhana di rumah. 

Rambut berminyak disebabkan produksi sebum atau minyak yang berlebih di rambut. 

Hal itu bisa dipicu kondisi medis tertentu, kebiasaan yang Anda lakukan, atau produk rambut yang Anda gunakan.

Apa pun penyebabnya, tentu rambut lepek dapat membuat Anda merasa tidak pede.

Agar tidak mengganggu, Anda bisa menerapkan cara-cara mengatasi rambut berminyak berikut ini:   

1. Jangan Terlalu Sering Disisir

Saat minyak terasa menumpuk, Anda mungkin jadi tergoda untuk menyisir rambut. Lebih baik Anda tidak melakukannya terlalu sering. Kebiasaan tersebut malah bisa merusak rambut Anda.

Perlu diketahui, menyisir rambut terlalu sering dan keras dapat menghasilkan lebih banyak minyak dengan menyebarkannya melalui rambut.

Selain itu, untuk mengatasi rambut berminyak, biasakan untuk membersihkan sisir setiap saat.

2. Hindari Produk Rambut Tertentu

Banyak produk yang menjanjikan agar setiap helai rambut Anda bersinar. Namun, saat rambut sudah berkilau akibat minyak yang berlebih, tentu saja Anda harus berhenti atau menghindari produk rambut ini.

Hal yang sama juga berlaku untuk sampo. Intinya, apa pun produk yang menjanjikan rambut berkilau, bukanlah pilihan terbaik jika rambut Anda sudah berminyak dari sananya.

3. Pilih Sampo dengan Bahan Alami

Tips perawatan rambut berminyak berikutnya adalah pilihlah produk sampo yang mengandung bahan alami.

Sebagai contoh, Anda dapat memilih produk dengan bahan tea tree yang bersifat anti-peradangan.

Selain tea tree, sampo dengan ekstrak rumput laut juga tak kalah bermanfaat. Pasalnya, kandungan ini mampu bekerja cepat menghilangkan minyak berlebih dari kulit.

Anda juga bisa mencoba mencampurkan lidah buaya dengan perasan lemon untuk mengatasi rambut berminyak sekaligus sebagai perawatan rambut.

Kombinasi keduanya mampu membantu mengontrol produksi sebum dan membuat rambut Anda lebih lembut.

4. Gunakan Sampo Antiketombe

Jika produksi minyak rambut berlebih, Anda pun cenderung rentan terhadap ketombe. Hal itu terjadi akibat penumpukan minyak di kulit kepala.

Minyak yang menumpuk tersebut pada akhirnya dapat memicu pertumbuhan jamur malassezia yang berlebih.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan sampo antiketombe yang memiliki bahan-bahan khusus di dalamnya.

Sampo antiketombe yang mengandung zinc pyrithione baik untuk mengurangi tingkat jamur, sehingga otomatis dapat mengurangi ketombe.

5. Biasakan Mengeringkan Rambut

Untuk menghilangkan rambut berminyak, cara yang bisa mulai Anda terapkan adalah dengan membiasakan diri mengeringkan rambut.

Pengering rambut bisa membantu karena panas yang dihasilkan dapat menyerap minyak kulit kepala.

Kendati begitu, pastikan Anda mengatur tingkat suhu serendah mungkin demi menghindari kerusakan akibat panas.

6. Berhenti Menyentuh Rambut Terus-terusan

JIka Anda ingin mengatasi rambut berminyak, hindarilah menyentuh rambut terlalu sering. Pasalnya, kebiasaan ini dapat merangsang lebih banyak produksi kelenjar minyak.

Hal ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki kebiasaan menyentuh kulit wajah saat minyak sedang banyak-banyaknya berproduksi.

7. Kurangi Stres

Mengurangi stres dapat menjadi salah satu cara mengatasi rambut berminyak. Bagaimana keduanya saling berkaitan?

Banyak penelitian membeberkan bahwa biang keladi rambut berminyak bisa jadi akibat stres.

Kondisi ini berhubungan dengan peningkatan kadar kortisol pada saat Anda stres. Hal ini membuat produksi kelenjar minyak jadi berlebih dan sukar terkontrol.

Selain itu, stres bisa membuat Anda gelisah dan lebih banyak menyentuh rambut, sehingga berkontribusi menimbulkan minyak.

Guna mengurangi stres, lakukanlah hal-hal menyenangkan yang membuat Anda relaks. Dengan begitu, produksi minyak pada kulit kepala segera menurun.

8. Hindari Terlalu Sering Mengikat Rambut

Kebiasaan mengikat atau menggelung rambut setiap hari bisa membuat rambut menjadi beminyak. Oleh karena itu, menghindari kebiasaan ini termasuk salah satu cara mengatasi rambut berminyak.

Ketika rambut diikat, minyak alami rambut dapat “terjebak” dan terpusat pada kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi lebih berminyak dan rambut pun menjadi mudah bercabang. 

9. Hindari Mengoleskan Minyak pada Kulit Kepala

Jika Anda memiliki kulit kepala dan rambut yang berminyak, hindari menambahkan minyak pada rambut seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak argan, dan seterusnya.

Kulit kepala sudah memiliki mekanisme alami untuk memproduksi minyak. Jika Anda mengoleskan minyak di kulit kepala, justru dapat membuat rambut Anda semakin berminyak. 

10. Perhatikan Makanan yang Anda Konsumsi

Anda dapat mengatasi rambut berminyak dengan lebih memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Berdasarkan jurnal Advances in Dermatology and Allergology pada tahun 2016, dilaporkan bahwa diet atau pola makan berperan dalam produksi minyak di kulit.

Susu dan produk olahannya serta makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat memengaruhi produksi hormon androgen dan memicu produksi minyak berlebih. 

Itulah cara-cara untuk mengatasi rambut berminyak. Dengan menerapkannya secara rutin dan saksama, diharapkan kondisi rambut Anda jadi lebih segar dan sehat. 

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

Share:
Komentar

Berita Terkini