Apa Itu Sulam Alis? Kenali Prosedur dan Perawatannya

Editor: kairos author photo

 

Mengenal dari dekat teknis sulam alis. foto | hellosehat

kairos - ALIS bisa dibentuk sesuai karakteristik wajah yang mampu mengubah keseluruhan penampilan Anda. Maka dari itu, banyak wanita rela membentuk dan mempercantik alis mereka, mulai dari sekadar menggunakan pensil alis, cabut alis, threading, hingga sulam alis.

Tren bentuk alis berubah setiap tahunnya, begitu pula dengan metode baru perawatan alis yang terus bermunculan untuk menghasilkan lekuk alis yang sempurna.

Lantas, apa itu sulam alis dan amankah prosedur ini?

Sulam alis, prosedur kosmetik untuk mengisi alis dengan menanamkan pigmen berwarna.

Pigmen ini memiliki tekstur menyerupai rambut asli dan dipasang mengikuti jalur pertumbuhan rambut asli, alias feathering.

Dalam teknik feathering, Anda dapat berkonsultasi terlebih dulu kepada teknisi untuk mendapatkan pigmen warna yang senada dengan warna rambut alis asli Anda.

Dengan begitu, prosedur sulam akan menghasilkan bentuk alis baru yang terlihat lebih alami.

Mengutip situs The Society of Permanent Cosmetic Professionals, tidak seperti tato alis yang menembus lapisan kulit yang dalam, sulam alis hanya memengaruhi lapisan terluar kulit, yakni epidermis.

Itu sebabnya hasil sulam umumnya hanya bertahan hingga dua tahun dengan touch-up rutin.

Sulam alis akan memudahkan Anda mengganti model alis sesuai dengan keinginan Anda. Prosedur ini juga cocok bagi Anda yang ingin alis tipis atau memberikan warna yang lebih gelap agar alis terlihat lebih jelas.

Beberapa Cara Membentuk Alis

Alis yang rapi bisa memengaruhi tampilan wajah secara keseluruhan. Inilah sebabnya beberapa orang rutin menggunakan riasan untuk membentuk alis agar tampak simetris.  

Ada berbagai cara membuat alis tampak tebal dan berbentuk menggunakan pensil alis. Namun, beberapa orang ingin hasil yang permanen sehingga mencoba perawatan khusus untuk membentuk alis.

Pada sesi pertama, teknisi akan membersihkan rambut-rambut halus pada alis Anda untuk memetakan bentuk alis yang sesuai dengan wajah Anda.

Kemudian, teknisi akan mengoleskan krim anestesi pada kedua alis untuk meringankan rasa nyeri yang mungkin Anda alami selama proses sulam.

Krim ini akan membuat area alis Anda mati rasa, tapi Anda tidak perlu khawatir akan hal itu.

Setelah teknisi menggambar bentuk alis yang baru, ia akan membuat beberapa irisan kecil pada kulit di sekitar alis menggunakan pisau bedah tipis.

Lewat sayatan ini, teknisi dapat menyisipkan pigmen warna sesuai jalur alis itu.

Prosedur sulam alis berkisar antara 1–2 jam. Setelahnya, area alis Anda mungkin akan mengalami reaksi peradangan. Efek samping ini biasanya menghilang dalam beberapa jam hingga hari.

Bagaimana perawatan setelah sulam alis?

Warna alis juga akan memudar dalam dua minggu pertama. Maka dari itu, Anda akan memerlukan prosedur lanjutan untuk menyempurnakan hasilnya.

Selama menunggu prosedur selanjutnya, Anda tidak boleh menggaruk ataupun menggosok alis. Anda juga tidak boleh melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati di bagian alis.

Ini agar mempertahankan bentuk alis Anda yang baru.

Pada sesi kedua, teknisi akan mengulangi proses pengirisan untuk menambahkan beberapa pigmen baru dan menggelapkan kembali warna alis Anda.

Hasil akhir dari sulam alis akan bisa bertahan hingga 12–18 bulan. Inilah beberapa perawatan setelah sulam alis agar cepat pulih dan warnanya terjaga.

sumber\foto | hellosehat

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini