Begini Akibat Kalau Kita Kurang Vitamin D

Editor: kairos author photo

 

Aktivitas tinggi di dalam ruangan hingga tak sempat mendapat asupan vitamin D. foto | pixabay

kairos - BERJEMUR dapatkan vitamin D terkadang tak bisa dilakoni saat pandemi. Nah, ketahui cara mendapatkan vitamin D yang mudah dan efektif di sini! Selain itu kenali dampak jika kamu kekurangan vitamin D.

Sekadar diketahui, gelombang COVID Omicron di tengah pandemi menjadi perhatian dunia. Meski gejalanya cenderung lebih ringan, tetapi varian ini lebih cepat penyebarannya dibandingkan varian Delta.

Sebagai langkah pencegahan penularan, kita harus lebih ketat melakukan prokes dan menjaga daya tahan tubuh. Vitamin yang penting bagi daya tahan tubuh di masa pandemi COVID-19 adalah vitamin D. 

Dibutuhkan asupan vitamin D sebanyak 600 IU untuk sehari demi menjaga kondisi tubuh. Produksi vitamin D di dalam tubuh bisa ditunjang oleh paparan sinar matahari pagi. 

Tapi, tak semua orang bisa rutin berjemur untuk mendapatkan vitamin D, misalnya karena musim hujan, isoman, sibuk bekerja, dan sebagainya. Kondisi ini mesti diwaspadai agar tidak kekurangan vitamin D dan imun tubuh tetap prima.

Bahaya Kekurangan Vitamin D 

Bagaimana peran vitamin D bagi tubuh di masa pandemi? Vitamin D merupakan vitamin yang larut di dalam lemak dan memainkan sejumlah peran penting di dalam tubuh. 

Vitamin ini dinilai berperan meningkatkan respons sistem imun tubuh, terutama dalam sistem kekebalan bawaan (innate immune system). 

Vitamin D berefek pada sel-sel kekebalan tubuh, seperti menghambat proliferasi sel B dan memblokir diferensiasi sel B serta sekresi immunoglobulin. 

Vitamin D juga menekan proliferasi sel T. Efek ini mengakibatkan penurunan produksi sitokin inflamasi. 

Vitamin D mendorong fungsi sel imunitas, termasuk makrofag dan sel T, yang memproteksi tubuh dari berbagai patogen. 

Karena sejumlah manfaatnya, vitamin D sudah menjadi bagian dari cara menjaga daya tahan tubuh ataupun pengobatan infeksi virus corona. 

Beberapa penelitian telah menunjukkan, orang yang memiliki kadar vitamin D cukup di dalam tubuhnya dapat membantu menjaga sistem kekebalan agar tetap sehat dan terlindungi dari penyakit pernapasan secara umum.

Beberapa studi cross-sectional meneliti hubungan antara kadar vitamin D yang lebih rendah dengan peningkatan risiko infeksi. 

Hasilnya, individu dengan jumlah vitamin D yang lebih rendah (infeksi saluran napas bagian atas dibanding orang yang cukup vitamin D di dalam tubuhnya. 

Cara Mendapatkan Vitamin D Selain Berjemur

Meski tak sempat berjemur, anda wajib dapatkan vitamin D dari sumber lain. Ada sumber lainnya yang bisa menjadi pilihan, misalnya makanan, minuman, atau suplemen. 

Makanan sumber vitamin D contohnya minyak ikan, salmon, tuna, produk olahan susu, jamur, hati, dan kuning telur. Tetapi kadar vitamin D tidak begitu banyak jika didapatkan dari makanan tersebut.

Jika sulit memenuhi kebutuhan vitamin D dari makanan, kini tersedia minuman kesehatan yang mengandung vitamin D yang telah direkomendasikan oleh Dokter karena disesuaikan dengan kebutuhan Anda & vitamin D dalam bentuk cair lebih cepat & efektif diserap oleh tubuh.

Pilihlah minuman sehat yang mengandung vitamin D3. Menurut penelitian, bentuk vitamin D3 lebih unggul dalam meningkatkan simpanan vitamin D tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D dan menjaga daya tahan tubuh, Dokter umum pilih Hydro Coco VITA-D, yaitu minuman Vitamin D3 pertama. Minuman ini cocok bagi Anda yang sibuk, karena praktis diminum kapan pun dan di mana pun.

Hydro Coco VITA-D mengandung vitamin D3 600 IU, sehingga  100 persen memenuhi kebutuhan asupan vitamin D3 harian. 

Hydro Coco VITA-D mampu membantu menjaga daya tahan tubuh selama pandemi. Minuman vitamin D3 ini lebih bermanfaat karena berbentuk cair yang jauh lebih cepat & efektif diserap tubuh dibanding vitamin tablet atau isap.

Karena juga mengandung air kelapa asli, Hydro Coco VITA-D mengandung tinggi serat, bernutrisi, dan kaya mineral, serta bebas lemak. Vitamin D di minuman sehat ini juga membantu memelihara kesehatan tulang dan gigi.

Hydro Coco VITA-D pun aman dikonsumsi tiap hari karena tanpa pengawet, pewarna, dan pemanis buatan. Kemasan memiliki logo PLS (Pilihan Lebih Sehat) karena rendah gula. 

sumber\foto | KlikDokter\Pixabay

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini