Begini Cara Atasi Efek Samping Usai Vaksin Booster

Editor: kairos author photo

 

Usai vaksin booster biasanya menimbulkan gejala, namun sebagian orang tidak merasakan apa-apa. foto | kontan

kairos - PEMBERIAN vaksinasi booster bagi masyarakat Indonesia terus digenjot. Namun, banyak warga yang masih ragu karena khawatir mengalami reaksi atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

KIPI ini juga kerap disebut efek samping yang dirasakan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

Padahal, menurut Satgas Penanganan Covid-19, munculnya reaksi atau KIPI pasca imunisasi merupakan hal wajar.  

Namun hal yang perlu dicatat, KIPI atau reaksi yang muncul setelah vaksinasi jauh lebih ringan dibandingkan terkena COVID-19 atau komplikasi yang disebabkan virus Covid-19. 

Para ahli sepakat vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan (3M) adalah cara yang paling tepat untuk keluar dari pandemi ini. 

Reaksi vaksin dalam tubuh dapat berbeda pada masing-masing individu. Sebagian besar tidak mengalami keluhan atau keluhan ringan pasca vaksinasi. Apa saja yang termasuk KIPI? KIPI biasanya bersifat ringan dan sementara, antara lain: 

> Nyeri pada lengan, di tempat suntikan 

> Sakit kepala atau nyeri otot 

> Nyeri sendi 

> Menggigil Mual atau muntah 

> Rasa lelah Demam (ditandai dengan suhu di atas 37,8° celcius) 

Jika merasa tidak nyaman, Anda sebaiknya beristirahat. Jika dibutuhkan, Anda dapat menggunakan obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan dan minum air putih dengan cukup.

Jika terdapat rasa nyeri di tempat suntikan, tetap gerakkan dan gunakan lengan seperti biasa. Jika perlu, kompres bagian yang nyeri dengan kain bersih yang dibasahi dengan air dingin. 

Perlindungan optimal baru terbangun dua pekan setelah vaksinasi dosis kedua. Walaupun jarang terjadi, masih ada orang yang tertular COVID-19 meskipun telah divaksinasi. 

Namun gejala COVID-19 pada orang yang sudah divaksinasi umumnya ringan. Sebagian orang bahkan tidak mengalami gejala apa pun. 

sumber\foto | kontan

reporter | agung

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini