Cara Mencegah Penuaan pada Tubuh

Editor: kairos author photo

 

Cegah penuaan pada tubuh dengan melakoni beberapa cara. foto | Lifestyle - Bisnis

kairos - WAJAH keriput atau perubahan warna rambut ternyata tak cuma itu penuaan yang ditemukan dari tubuh kita. Tetapi juga pada organ lain seperti jantung dan pembuluh darah.

Tanda-tanda penuaan yang kemungkinan akan terjadi dan paling terlihat adalah terdapatnya keriput dan perubahan warna rambut. 

Tapi tahukah terdapat proses penuaan pada bagian tubuh lain seperti gigi, jantung, dan saluran pencernaan? 

Berikut akan dijelaskan tentang perubahan yang dapat terjadi pada tubuh karena terjadi penuaan dan upaya yang dapat dilakukan untuk membantu agar tetap sehat pada usia berapa pun.

Sistem kardiovaskular

Seiring dengan bertambahnya usia, detak jantung akan menjadi sedikit lambat dan jantung akan membesar. Pembuluh darah dan arteri juga menjadi kaku sehingga menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi)dan masalah kardiovaskular yang lain.

Apa yang perlu menjaga kesehatan jantung?

Aktivitas fisik secara rutin

Melakoni aktivitas fisik seperti berjalan, berenang, bersepeda atau kegiatan lain yang disukai. Aktifitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat membantu menjaga berat badan tetap normal, mengontrol tekanan darah, dan mengurangi tingkat pengerasan arteri.

Memiliki pola makan sehat

Memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian, makanan yang mengandung serat tinggi, makanan yang menjadi sumber protein seperti ikan. Membatasi makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh dan garam. Pola makan yang sehat dapat membantu menjaga jantung dan arteri agar tetap sehat.

Berhenti merokok

Merokok dapat memberikan efek buruk untuk pengerasan arteri, meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Berusahalah untuk berhenti merokok dengan meminta bantuan dokter.

Mengontrol stress

Kondisi stress dapat membahayakan jantung. Lakukan beberapa lagkah untuk membantu mengurangi stress atau dengan belajar mengatasi stress dengan cara yang sehat seperti mengikuti kelas yoga, pilates, dan fitnes.

Memiliki tidur yang cukup dan berkualitas

Tidur yang berkualitas dapat memberikan peran penting untuk penyembuhan dan perbaikan jantung dan pembuluh darah. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda, namun umumnya 7-8 jam sehari.

Tulang, sendi dan otot

Dengan bertambahnya usia, tulang cenderung mengecil dalam ukuran dan kepadatan yang dapat mempengaruhi kekuatan tulang sehingga tulamg menjadi lebih mudah patah. Otot akan kekurangan kekuatan, fleksibilitas, dan kurang terkoordinasi atau sulit menjaga keseimbangan.

Apa yang perlu menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot?

Mendapatkan cukup asupan kalsium

Pada pria yang berusia 19-70 tahun membutuhkan asupan kalsium 1000mg per hari sedangkan pria berusia diatas 70 tahun membutuhkan 1200mg per hari. Pada wanita yang berusia 19-50 tahun membutuhkan asupan kalsium sebanyak 1000mg perhari dan pada usia diatas 50 tahun membutuhkan 1200mg. 

Sumber makanan yang mengandung kalsium adalah seperti makanan olahan susu, kacang almond, brokoli, kangkung, salmon, makanan yang merupakan olahan kedelai seperti tahu dan tempe. Berkonsultasilah dengan dokter jika merasa membutuhkan suplemen kalsium tambahan.

 Mendapatkan cukup  asupan vitamin D

Untuk orang dewasa yang berusia 19-70 tahun membutuhkan vitamin D 600IU per hari dan pada usia diatas 70 tahun membutuhkan 800IU. Umumnya orang mendapatkan cukup vitamin D dari sinar matahari. Sumber lain vitamin D adalah berasal dari ikan yang berminyak seperti tuna, kuning telur, susu, dan suplemen vitamin D.

 Beraktivitas fisik secara rutin

Melakoni aktivitas fisik speerti berjalan kaki, jogging, dan tennis dapat membantu untuk membangun kekuatan tulang dan memperlambat terjadinya osteoporosis.

sumber\foto | viva\Lifestyle - Bisnis

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini