Demam, Ternyata Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit

Editor: kairos author photo

  

Lidah terasa pahit saat demam dipengaruhi beberapa hal. foto | klikdokter 

kairos - SAAT sedang sakit, misalnya demam, Anda bisa mengalami keluhan lidah pahit. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Lidah pahit, salah satu keluhan yang sering dialami oleh seseorang yang sedang sakit, misalnya demam. Kondisi ini kerap membuat penderitanya sulit untuk makan, di mana makanan yang dikonsumsi terasa aneh bahkan hambar.

Padahal seharusnya, saat demam seseorang perlu menjaga asupan dan memperoleh nutrisi yang baik karena tubuh sedang berjuang mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Perlu diketahui demam bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda adanya masalah dalam tubuh. 

Ada begitu banyak gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan demam. Seperti infeksi virus atau bakteri, keracunan, hingga kanker.

Lalu, apa penyebab lidah pahit saat demam? Bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Ketika Anda demam, suhu dalam rongga mulut juga ikut meningkat. Lalu, cairan tubuh akan berkurang sehingga berisiko menimbulkan dehidrasi. Hal ini kemudian membuat mulut menjadi kering. 

Nah, kombinasi hal tersebut berdampak pada pengecapan di lidah Anda.

Lebih lanjut, tubuh Anda melepaskan sitokin saat demam. Zat kimia itu juga menyebabkan lidah pahit saat demam. Sitokin jenis TNF-alfa lah yang diduga berperan dalam kondisi itu.

Ada beberapa mekanisme bagaimana sitokin TNF-alfa memicu lidah pahit saat demam. Salah satunya, TNF-alfa merangsang sel-sel lidah sehingga menimbulkan rasa pahit.

Sekarang Anda sudah tahu apa penyebab lidah pahit saat sakit demam. Nah, untuk membantu menghilangkan rasa pahit pada lidah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:

1. Merawat Gigi 

Rawatlah gigi secara teratur. Ini meliputi sikat gigi dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur), membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus, serta menggunakan obat kumur antibakteri.

2. Jangan Lupa Menyikat Lidah

Untuk membantu mengatasi lidah pahit saat demam, sikatlah lidah Anda dengan lembut. Tak hanya di gigi, lidah bisa menjadi sarang kuman yang mana menjadi sumber infeksi.

3. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu menghilangkan pahit pada lidah. 

4. Manfaatkan Air Garam Hangat

Salah satu cara mengatasi lidah terasa pahit saat demam, dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Anda bisa berkumur 3-4 kali sehari. 

5. Cukup Istirahat 

Dengan istirahat cukup, demam yang Anda alami juga akan cepat pulih sehingga gejala lainnya ikut mereda.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih dapat membantu mengatasi lidah yang terasa pahit saat demam. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak, agar tidak memperburuk keluhan.

7. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Saat demam, pastikan Anda memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Usahakan menghindari makanan yang berlemak, asam, dan pedas. 

Hal ini berguna untuk mencegah peningkatan asam lambung yang dapat memperburuk keluhan mulut pahit saat demam. 

8. Makan Buah-buahan

Anda bisa mengonsumsi jeruk, anggur, semangka, melon, ataupun buah-buahan yang Anda sukai. 

Sedapat mungkin pilihlah yang rasanya manis dan segar. Hindari mengonsumsi buah yang terlalu asam karena justru dapat meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Untuk memberikan rasa segar, Anda bisa mengonsumsi buah dalam keadaan dingin. 

9. Hindari Kebiasaan Buruk

Untuk membantu mengatasi keluhan lidah pahit saat sakit, sebaiknya Anda menghindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok. 

Tanpa disadari, kebiasaan buruk tersebut juga turut memperburuk keluhan lidah pahit. 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi lidah pahit saat demam. Kondisi tersebut memang lumrah saat demam.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini