Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Menurunkan Berat Badan

Editor: kairos author photo

 

Mengunyah permen karet di sela-sela program diet dipercaya mampu menurunkan berat badan. foto |  sajiansedap

kairos - KALAU kamu sedang ikut program diet, mulai sekarang coba deh mengunyah permen karet di sela-sela waktu makanmu. Pasalnya, mengunyah permen karet disebut-sebut memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, lho.

Awalnya mengunyah permen karet sudah banyak dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, mulai dari menyegarkan napas, menjaga kesehatan gigi dan mulut, mengatasi keinginan untuk merokok, menurunkan kadar stres, bahkan hingga membantu menurunkan berat badan.

Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Turunkan Berat Badan 

Sebenarnya, manfaat mengunyah permen karet untuk menurunkan berat badan masih harus diteliti lebih lanjut. Hingga saat ini pun, potensi manfaat tersebut lebih dikaitkan dengan proses mengunyahnya, bukan permen karetnya.

Perlu kamu ketahui, proses mengunyah, termasuk mengunyah permen karet, dapat membantu melepaskan hormon tertentu pada usus yang bermanfaat untuk mengurangi rasa lapar.

Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi permen karet tanpa gula selama 30 menit setelah makan cenderung merasa kenyang lebih lama daripada yang tidak.

Nah, jika tubuh tidak merasa lapar, otomatis makanan yang kamu konsumsi pasti juga lebih sedikit, bukan? Ini artinya, kalori harian yang masuk ke dalam tubuh juga rendah, sehingga berat badan bisa turun dengan lebih mudah.

Sebuah studi menyebutkan, orang yang mengunyah permen karet di sela-sela waktu makannya cenderung akan makan lebih sedikit di waktu makan berikutnya dibandingkan dengan orang yang tidak mengunyah permen karet.

Selain itu, mengunyah permen karet juga dikatakan bisa membantu membakar kalori, meski jumlahnya sedikit dan tidak cukup signifikan untuk dapat menurunkan berat badan.

Makanya, untuk menurunkan berat badan, kamu tidak bisa hanya mengandalkan permen karet. Kamu tetap perlu melakukan cara lain yang sudah terbukti, seperti menjaga pola makan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan harian, rutin berolahraga, beristirahat dengan cukup, serta mengelola stres dengan baik.

Tips Memaksimalkan Manfaat Permen Karet 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, manfaat mengunyah permen karet hanya bisa kamu dapatkan bila disertai dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Di samping itu, guna memaksimalkan manfaat permen karet untuk menurunkan berat badan, kamu juga perlu melakukan beberapa tips di bawah ini:

> Pilihlah permen karet yang bebas gula

> Kunyah permen karet setiap ada keinginan untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat, terutama di sela-sela waktu makan.

> Kunyah permen karet saat sedang melakukan aktivitas yang bisa membuatmu mengonsumsi camilan secara tidak sadar, misalnya saat menonton film atau membaca buku.

> Simpan selalu permen karet di dompet atau tas. Ini berguna untuk menahan keinginan mengonsumsi makanan secara berlebihan saat sedang di luar rumah.

Untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan memang bukan perkara mudah. Cara-cara menurukan berat badan, termasuk dengan mengunyah permen karet, harus dengan sabar dan rutin.

Sebaliknya, hindari melakukan cara menurunkan berat badan yang instan, karena hal tersebut justru bisa meningkatkan risikomu mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait manfaat mengunyah permen karet untuk menurunkan berat badan, atau berencana ingin mengatur program diet, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal itu.

sumber\foto | alodokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini