Mulai Besok Tambahkan Buah dalam Sarapan, Ini Segudang Manfaatnya!

Editor: kairos author photo

 

Segudang manfaat dengan menambahkan buah dalam sarapan pagi kita, foto | klikdokter 

kairos - SEJAK besok pagi, jangan lewatkan sarapan karena banyak manfaatnya. Namun lebih bermanfaat lagi jika ditambah dengan buah-buahan.

Tanpa disadari banyak orang yang melewatkan sarapan karena tak sempat atau alasan takut gemuk. Padahal, sarapan sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi dan produktivitas. 

Untuk mendapatkan manfaat itu, menu dan porsi sarapan penting untuk diperhatikan. Anda juga bisa menambahkan buah-buahan ke dalam piring sarapan. 

Buah-buahan kaya akan karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral yang dapat menyuplai energi sekaligus membuat tubuh lebih segar. 

Kombinasikan buah dengan protein tanpa lemak agar manfaat yang Anda rasakan maksimal. Sebab, sarapan dikatakan memenuhi standar jika mengandung karbohidrat kompleks, protein tanpa lemak, serta lemak sehat. 

1. Sebagai Sumber Energi

Beberapa jenis buah merupakan sumber karbohidrat kompleks. Karbohidrat jenis ini dapat memberikan Anda energi untuk durasi yang lebih panjang.

Dengan mengonsumsi buah saat sarapan, maka akan memberikan Anda energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sepanjang hari.

2. Membuat Kenyang Lebih Lama

Salah satu manfaat sarapan buah adalah dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga terhindar dari godaan ngemil.

Serat yang ada dalam buah-buahan baik untuk pencernaan. Serat juga membuat penyerapan gula buah semakin maksimal, yang akhirnya menyediakan energi jangka panjang. Anda pun jadi kenyang lebih lama. 

3. Rendah Kalori

Tak perlu khawatir soal kalori dalam buah. Meski mengandung gula, banyak buah yang rendah kalori dan cocok sebagai menu sarapan. 

Contohnya adalah stroberi, anggur, pepaya, atau blewah. Semuanya menyediakan kalori kurang dari 60 per porsi.

Sebaliknya, buah yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi saat sarapan adalah mangga, anggur, ceri, dan pisang. Buah-buahan tersebut mengandung lebih banyak kalori dan gula. 

Jika buah-buahan itu yang tersedia, konsumsilah dalam jumlah sedang. 

4. Memenuhi Kebutuhan Gizi Harian

Salah satu manfaat makan buah di pagi hari adalah dapat memenuhi kebutuhan gizi harian Anda, terutama mikronutrien. 

Mikronutrien adalah zat yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sedikit, namun perannya amat vital bagi fungsi tubuh.

5. Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat sarapan buah berikutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga Anda tidak mudah jatuh sakit. 

Buah jeruk, misalnya, mengandung vitamin C yang tinggi. Nah, vitamin C penting untuk sistem kekebalan tubuh, serta pertumbuhan dan perbaikan sel-sel. 

6. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Mata

Tidak hanya vitamin C, vitamin A juga banyak ditemukan dalam buah-buahan. Anda pasti sudah tahu bahwa vitamin A dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mata, serta melawan infeksi. 

7. Mencegah Dehidrasi

Buah mengandung air yang cukup banyak, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Anda pun dapat terhindar dari kondisi dehidrasi.

8. Turunkan Kadar Kolesterol

Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Lemak sehat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

9. Mengontrol Tekanan Darah

Sarapan buah juga bermanfaat untuk tekanan darah Anda, loh. Buah pisang, misalnya, mengandung potasium yang tinggi. Kandungan potasium ini dapat membantu mengendalikan tekanan darah Anda.

Buah memang baik untuk dikonsumsi saat sarapan. Namun, hindari menjadikannya sebagai menu utama. Anda juga harus mengimbanginya dengan makanan sehat lainnya. 

Contoh, sarapanlah dengan makanan yang mengandung sereal, susu rendah lemak, dan potongan buah. Anda juga bisa makan salad buah dengan 1-2 lembar roti gandum sebagai sumber karbohidrat.

Itulah sederet manfaat sarapan buah untuk kesehatan. Mengawali aktivitas dengan sarapan bergizi adalah kunci awal terjaganya stamina dalam menjalani hari-hari yang sibuk.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini