Pertanyaannya: Mimpi Basah Tiap Hari, Normalkah?

Editor: kairos author photo

 

Mimpi basah. foto ilustrasi | klikdokter

kairos - BIASANYA mimpi basah dialami remaja pria yang sedang puber. Namun, bagaimana bila pria dewasa mengalami mimpi basah setiap hari? 

Ketika mimpi basah, remaja pria mungkin dapat terbangun serta merasakan orgasme dan air mani yang keluar membasahi pakaian atau alas tempat tidur. 

Kendati begitu, mimpi basah tidak terjadi terus-menerus. Tanda pubertas ini perlahan dapat menghilang ketika pria beranjak dewasa.

Pada beberapa kasus tertentu, pria dewasa dapat mengalami mimpi basah yang terjadi setiap hari. Lantas, apa penyebabnya? Dan apakah kondisi tersebut normal? Cari tahu jawabannya di sini. 

Normalkah Mimpi Basah Setiap Hari?

Menurut dr Arina Heidyana, mengalami mimpi basah setiap hari adalah kondisi tidak normal. “Apalagi kalau mengalami mimpi basah setiap hari setelah dewasa,” ujarnya.

“Ketika dewasa, frekuensi mimpi basah yang kita alami pun akan semakin berkurang,” jelas dr. Arina. Seiring berjalannya waktu mimpi basah biasanya akan semakin jarang dan akhirnya berhenti sama sekali. 

Ada beberapa hal yang menyebabkan peningkatan frekuensi mimpi basah. Beberapa penelitian menunjukkan kadar testosteron tinggi dapat menyebabkan pria lebih sering  untuk mengalami mimpi basah yang lebih sering. 

Perlu diketahui saat malam hari pria menghabiskan sekitar 25 persen waktu tidurnya untuk mengalami morning wood. Istilah morning wood merupakan ereksi yang terjadi menjelang pagi hari. Kondisi ini terjadi karena produksi testosteron akan meningkat selama fase  tidur rapid eye movement (REM). 

Fase tidur REM yang disertai dengan mimpi erotis dapat meningkatkan aliran darah ke bagian penis dan menyebabkan pria dewasa mengalami ejakulasi.

Tak Ada Cara Stop Mimpi Basah

Jika merasa tidak nyaman mengenai mimpi basah yang Anda alami setiap hari, bisa konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab dan pengobatannya.

Sampai saat ini, menurut dr Arina, tidak ada cara untuk menghentikan mimpi basah. Namun, ada beberapa cara untuk mengurangi seberapa sering mimpi basah terjadi. 

Beberapa cara yang tersebut adalah melakukan aktivitas seksual seperti berhubungan intim dan onani hingga ejakulasi. Cara itu bisa menurunkan keinginan ejakulasi dan mimpi basah saat tidur.

Mengurangi kontak dengan alat kelamin juga dapat membantu pria menghindari mimpi basah, menurut Very Well Health. 

Apabila pria dewasa mengalami mimpi basah hingga mengganggu kenyamanannya saat tidur, dokter mungkin dapat meresepkan obat antidepresan. Obat-obatan ini akan mengurangi keinginan untuk ereksi dan ejakulasi.

Itulah penjelasan normal atau tidaknya mengalami mimpi basah setiap hari. Jika merasa terganggu dengan mimpi basah yang dialami setiap hari, Anda bisa konsultasi ke dokter kepercayaanmu.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini