Sebelum Tidur, Minumlah Teh Bisa Atasi Insomnia!

Editor: kairos author photo

 

Minum teh, terlebih sebelum tidur dipercaya mampu mengatasi insomnia. foto | klikdokter

kairos - BANYAK orang yang menderita sulit tidur atau insomnia. Sebagian orang mengatasinya dengan minum teh. Apakah itu efektif?

Kondisi insomnia dapat menyebabkan kualitas pekerjaan keesokan harinya terganggu. Namun, tahukah Anda bahwa secangkir teh bisa menjadi jawaban atas kesulitan tidur? 

Memang teh mengandung kafein yang diduga dapat membuat sulit tidur. Namun, kandungan kafein pada teh lebih kecil daripada kopi. 

Selain itu, secangkir teh ternyata mengandung banyak sekali zat aktif yang dapat membantu lebih santai dan mudah tertidur. 

Mari simak penjelasan lengkap berikut ini mengenai konsumsi teh untuk mengatasi insomnia. 

Teh seperti teh hijau, hitam dan putih semuanya berasal dari daun tanaman yang sama dan mengandung kafein. 

Lalu teh herbal yang terbuat dari akar, biji, bunga dan buah secara alami bebas dari kafein.

Telah ada beberapa penelitian yang mengaitkan konsumsi teh herbal dengan perbaikan kualitas tidur. 

Misal, studi tahun 2011 menemukan bahwa terdapat penurunan gejala insomnia sebanyak 42% pada partisipan yang mengonsumsi ekstrak lemon balm selama 15 hari.

Namun, apabila teh yang Anda konsumsi sehari-hari mengganggu tidur, sebaiknya kurangi jumlahnya atau hentikan sama sekali. 

Berikut adalah jenis-jenis teh yang berguna untuk mengatasi insomnia:

1. Teh Chamomile 

Teh chamomile mengandung ekstrak yang membantu Anda untuk lebih mudah tertidur. Bahkan, konsumsi teh ini memberikan efek mengantuk layaknya obat golongan benzodiazepin. 

Efek ini disebabkan oleh kandungan apigenin pada flavonoid yang dapat berikatan dengan reseptor benzodiazepin pada otak. 

Selain dalam bentuk teh, chamomile juga tersedia dalam bentuk aromaterapi untuk membuat suasana hati Anda lebih santai.

2. Teh Lavender 

Salah satu jenis teh yang bagus untuk membantu tidur adalah teh lavender. 

Beberapa penelitian telah menghubungkan antara kualitas tidur dengan konsumsi teh lavender. 

Lavender dapat mempengaruhi jalur gamma aminobutyric acid (GABA), sehingga mempengaruhi produksi hormon tidur yakni melatonin. 

3. Teh Lemon Balm 

Lemon balm adalah tanaman herbal beraroma lemon dan merupakan bagian dari keluarga mint. 

Lemon balm sangat berguna untuk membantu masalah pencernaan seperti perut kembung, serta membantu tidur. 

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa lemon balm dapat mengurangi depresi, kecemasan, stres, dan gangguan tidur pada pasien jantung. 

4. Teh Akar Valerian 

Teh lainnya yang baik untuk mengatasi insomnia adalah teh akar valerian. Akar valerian dikenal memiliki efek sedatif selama beberapa abad. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa akar valerian sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur. 

5. Teh Passionflower 

Passsionflower sering dikaitkan dengan asam aminobutirat yang merupakan neutrotransmiter pada otak. 

Meskipun mekanismenya masih belum jelas, namun passionflower membantu Anda tidur dengan memicu level GABA dan membuat Anda merasa lebih santai. 

Selain kondumsi teh, terdapat beberapa hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mempermudah tertidur. 

Biasakan untuk tidur pada jam yang sama dan hindari bermain gadget sebelum tidur.   Anda juga dapat mematikan lampu kamar untuk membantu Anda menjadi lebih relaks.

Itulah beberapa jenis teh yang baik untuk mengatasi insomnia. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi ketika mengalami sulit tidur. Secangkir teh dapat membantu Anda tidur sekaligus lebih relaks. 

Kualitas tidur yang seimbang akan bikin kamu lebih fresh, bersemangat memulai aktivitas di pagi hari. Hasilnya, prestasi gemilang dalam genggaman. Semoga bermanfaat!

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini