Awas Kutu Kelamin, Salah Satu Penyebab Testis Gatal (Buah Zakar)

Editor: kairos author photo

Salah satu penyebab testis gatal adalah adanya kutu kelamin. foto | klikdokter

kairos - PENYEBAB testis gatal, salah satu persoalan yang harus difahami adanya kutu kelamin. Ini sangat mengganggu dan menimbulkan ketidaknyamanan saat Anda beraktivitas. Ternyata selain kutu kelamin masih banyak hal yang jadi penyebab testis gatal? Yuk cari tahu di sini.

Sekadar diketahui, testis gatal menjadi salah satu keluhan yang umum terjadi pada pria. Banyaknya aktivitas yang mengeluarkan keringat dan kebersihan buah zakar yang buruk bisa menimbulkan gatal. 

Namun, ada pula beberapa kondisi medis yang menjadi penyebab testis gatal. Anda Disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter urologi demi mengetahui penyakit yang mendasarinya. Dengan demikian keluhan testis gatal bisa segera ditangani.

Penyebab Kulit Testis Gatal 

Berikut penyebab kulit testis gatal yang perlu diwaspadai:

1. Gesekan atau Iritasi

Kulit kering di sekitar area genital sering terjadi ketika pria berada di tempat yang panas. Berolahraga untuk jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan kulit teriritasi atau lecet. 

Kondisi dapat menimbulkan rasa gatal pada buah zakar. Dalam beberapa kasus, kulit sekitar organ intim pria yang mengalami gesekan terhadap pakaian yang kasar juga dapat mengalami perdarahan. 

Berikut beberapa keluhan umum akibat gesekan atau iritasi:

> Kulit terasa kasar 

> Muncul kemerahan atau ruam di kulit 

> Adanya luka di permukaan kulit 

> Gesekan dan iritasi dapat diobati menggunakan losion atau bedak untuk mencegah kulit bergesekan dengan permukaan kulit lainnya. 

Selain itu, menggunakan perban atau kain kasa untuk menutupi area yang lecet dan teriritasi juga dapat membantu mengurangi rasa gatal pada testis. 

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur mudah berkembang di area genital dan testis, misalnya jika Anda melakukan hubungan seks tanpa kondom atau kondisi kebersihan organ intim yang buruk. 

Salah satu infeksi jamur yang paling umum pada alat kelamin adalah candidiasis. Jamur Candida hidup di dalam tubuh, seperti di usus dan kulit. Jika jamur ini tumbuh di luar kendali, mereka dapat menyebabkan infeksi, sehingga buah zakar menjadi gatal. 

Jenis jamur berbeda yaitu dermatofita juga dapat memicu infeksi serupa. Gejala lain yang muncul dari pertumbuhan jamur, sebagai berikut:

> Nyeri ketika BAK

> Rasa terbakar di sekitar penis dan skrotum

> Skrotum atau kulit penis bengkak

> Kemerahan di sekitar skrotum atau penis

> Penis mengeluarkan bau tidak normal

> Kulit penis terlihat kering dan bersisik

Dokter Arina Heidyana mengatakan, “Jika gatal disebabkan jamur, dapat diberikan obat antijamur.” 

Obat antijamur yang digunakan biasanya obat topikal, seperti krim dan salep antijamur. 

Konsultasi dengan dokter dibutuhkan untuk mengetahui apakah penyebab gatal di sekitar testis adalah jamur. 

3. Herpes Genital 

Herpes genital merupakan jenis infeksi virus yang dapat menyebar saat berhubungan seks atau kontak fisik dengan kulit yang terinfeksi virus. Testis bisa terasa sangat gatal akibat kondisi ini. 

Gejala lain dari herpes genital meliputi:

> Kelelahan atau sakit pada badan

> Rasa terbakar atau gatal di sekitar testis dan penis 

> Lecet di sekitar area genital yang bisa menjadi luka terbuka

> Nyeri ketika buang air kecil

Untuk mengatasi herpes genital, Anda mungkin perlu mengonsumsi obat antivirus, seperti valacyclovir dan asiklovir. Obat antivirus dapat dikonsumsi selama seminggu. Tetapi, mungkin diperlukan pengobatan jangka panjang jika penyakit sering kambuh.  

4. Gonore

Gonore merupakan jenis infeksi menular seksual (IMS) akibat bakteri. Kondisi ini dapat menginfeksi area genital serta mulut, tenggorokan, dan rektum. Gonore dapat mudah ditularkan melalui hubungan seks tanpa kondom. 

Gonore bisa membuat testis terasa gatal dan bengkak. Gejala umum lainnya termasuk:

> Rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil

> Keluar cairan hijau, kuning, atau putih dari penis

> Testis terasa nyeri, terutama hanya pada satu testis di satu waktu

> Infeksi gonore dapat diobati menggunakan obat dengan resep dokter. Atasi sesegera mungkin ketika Anda menemukan gejalanya. Karena, gonore yang tidak diatasi berisiko menyebabkan infertilitas. 

5. Kutil Kelamin

Kutil kelamin disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Anda mungkin tidak melihat kutil kelamin bahkan ketika terinfeksi, karena ukurannya sangat kecil. 

Kutil kelamin biasanya terlihat seperti benjolan kecil berwarna yang mungkin terasa gatal ataupun tidak. Biasanya kutil berbentuk seperti kembang kol dan muncul berkelompok bersama kutil lainnya. 

Kutil kelamin mungkin dapat muncul tepat di skrotum ataupun paha bagian dalam. Ketika mengalaminya, Anda mungkin menemukan pembengkakan di sekitar organ intim. 

Kutil kelamin dapat diobati dengan salep, seperti imiquimod dan podofilox. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin perlu menghilangkan kulit dengan membekukannya (krioterapi) atau melakukan operasi. 

6. Klamidia

Klamidia merupakan jenis IMS yang disebarkan oleh bakteri. Kondisi ini akan menyebar bahkan jika pria tidak mengalami ejakulasi saat berhubungan seks. Seperti kebanyakan IMS, klamidia juga dapat menyebar melalui seks genital, oral, dan anal. 

Klamidia dapat membuat testis gatal dan bahkan bengkak. Kondisi ini biasanya hanya membuat satu testis terasa sakit atau bengkak, yang merupakan salah satu tanda paling jelas dari infeksi. 

Gejala lain yang akan muncul, seperti:

> Keluar cairan hijau, kuning, atau putih dari penis

> Rasa sakit atau terbakar ketika buang air kecil

> Rasa sakit, perdarahan, atau keluar cairan dari rektum atau anus

> Klamidia dapat diobati dengan obat-obatan seperti azitromisin atau doksisiklin. 

7. Kutu di Kemaluan

“Kutu di kemaluan juga bisa menyebabkan gatal pada buah zakar. Kutu bisa ada di kemaluan karena kontak fisik dengan pasangan yang sudah punya kutu kemaluan terlebih dahulu,” jelas dr. Arina. 

Anda mungkin akan melihat zat seperti bubuk di pakaian dalam atau bintik-bintik kecil berwarna merah atau biru pada kulit akibat gigitan kutu. 

Kutu kemaluan dapat diobati dengan obat yang diresepkan dokter ataupun obat yang dijual bebas. 

8. Skabies

Skabies merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh tungau. Tungau skabies sangatlah kecil, bernama Sarcoptes scabiei. Skabies dapat ditularkan ketika berkontak kulit langsung dengan orang yang terinfeksi.

Butuh beberapa minggu untuk melihat gejala skabies yang muncul setelah infeksi. Gejala paling umum adalah gatal dan ruam, yang memburuk ketika malam hari. 

Dokter akan meresepkan salep, krim, atau losion untuk menghilangkan skabies serta mengobati gatal dan ruam pada kulit. 

Itulah penyebab testis atau buah zakar terasa gatal. Untuk mengatasinya, ketahui dulu penyebabnya agar tepat pengobatannya.

sumber\foto | KlikDokter 

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini