Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok

Editor: kairos author photo

 

Ragam cara mengatasi rambut rontok. foto | hellosehat

kairos - SEIRING bertambahnya usia, Anda tidak dapat mencegah masalah rambut rontok. Namun, tidak perlu khawatir karena kini sudah tersedia beragam cara untuk mengatasi rambut rontok, mulai dari bahan alami hingga obat-obatan dari dokter. Apa saja?

Cara mengatasi rambut rontok

Rambut rontok berlebihan memang cukup mengganggu. Selain membuat pakaian menjadi penuh helai rambut, salah satu ciri-ciri rambut rusak ini juga bisa membuat beberapa bagian kulit kepala Anda botak.

Meski tidak dapat dicegah karena umumnya manusia akan merontokkan sekitar 50 – 100 helai rambut, Anda bisa mengurangi rambut rontok berlebihan. Berikut ini pilihan perawatan rambut rontok yang bisa Anda coba.

1. Pakai obat rambut rontok dari dokter

Salah satu cara mengatasi rambut rontok adalah menggunakan obat yang diresepkan dokter. Setelah berkonsultasi dengan dokter rambut dan masalah kulit kepala, mereka juga akan menganjurkan obat-obatan di bawah ini.

Hal ini bertujuan untuk mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan mungkin membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Apa saja obat rambut rontok itu?

2. Transplantasi rambut

Bagi Anda yang mengalami kerontokan rambut permanen, yaitu hanya terjadi di bagian atas kepala mungkin membutuhkan transplantasi rambut.

Transplantasi rambut adalah prosedur yang memanfaatkan rambut yang tersisa. Dokter kulit atau ahli bedah biasanya akan menghilangkan rambut di bagian kepala yang masih memiliki rambut. Kemudian, mereka akan memidahkannya di bagian botak.

Meski terbilang cukup efektif, pengobatan rambut rontok ini menimbulkan rasa sakit. Selama transplantasi rambut, Anda berisiko mengalami perdarahan, memar, bengkak, dan infeksi.

Selain itu, prosedur ini juga membutuhkan operasi berulang agar hasilnya lebih maksimal. Pasalnya, rambut rontok berulang masih dapat terjadi meskipun Anda telah menjalani operasi.

3. Terapi laser

Penggunaan laser sebagai cara mengatasi rambut rontok dan kebotakan sebenarnya telah dilakukan sejak puluhan tahun yang lalu. Terapi ini disebut low-level laser therapy atau terapi laser level rendah.

Terapi ini akan memanfaatkan foton yang nantinya diserap oleh jaringan kulit kepala. Dengan begitu, foton akan membantu merangsang folikel kulit kepala untuk menumbuhkan dan memanjangkan rambut.

Bahkan, teknologi masa kini telah menciptakan sisir laser penumbuh rambut agar Anda tidak perlu repot-repot ke dokter. 

Sisir untuk orang dengan rambut rontok yang parah juga memakai laser lever rendah berwarna merah.

Setiap gigi sisir didesain agar memancarkan sinar laser foton. Jadi, setiap kali Anda menyisir, gigi sisir akan mencapai kulit kepala agar sinar lasernya dapat diresap kulit kepala.

Penelitian dari Harvard University melaporkan penggunaan sisir laser cukup membantu menumbuhkan rambut yang mengalami kerontokan parah. Selain itu, alat berteknologi canggih ini juga terbukti aman dan tidak menimbulkan efek samping yang berarti.

4. Penuhi nutrisi untuk rambut rontok

Zat gizi adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan rambut, termasuk saat merawat rambut rontok. Nah, berikut ini beberapa nutrisi dari makanan untuk rambut rontok.

Zat besi untuk mencegah anemia yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Zinc dan biotin untuk membantu pertumbuhan rambut yang sehat.

Protein untuk memperkuat struktur rambut dan mempercepat pertumbuhannya.

5. Hindari penggunaan hair dryer dan catokan

Suhu yang terlalu panas yang berasal dari catokan dan pengering rambut dapat menyebabkan rambut semakin tipis. 

Nah, salah satu cara alami mengatasi rambut rontok selain menggunakan obat-obatan adalah menghindari alat penata rambut sementara waktu.

Dengan tidak menata rambut dan membiarkannya kering secara alami setelah keramas setidaknya memberikan waktu istirahat untuk rambut Anda. Setelah kering, sisir rambut dengan lembut agar tidak mudah tercabut dari kulit kepala sebagai cara merawat rambut yang benar.

6. Keramas dengan benar

Mencuci rambut adalah salah satu cara merawat rambut dan mengatasi rambut rontok bila dilakukan dengan benar. Mulai dari memilih hair care untuk rambut rontok, seperti produk sampo hingga cara mengeringkannya ternyata perlu diperhatikan. 

Gunakan kombo kebal dalam rangkaian sampo dan kondisioner dengan formula Rice Oil Essence yang dikenal baik bagi rambut, serta Pro-V Multivitamin yang bekerja seperti multivitamin yang dapat membantu menutrisi rambut secara menyeluruh.

Pada saat keramas pun Anda disarankan untuk memijat kulit kepala dengan lembut untuk merangsang pertumbuhan rambut. 

Pasalnya, cara ini dapat melebarkan arteri di kulit kepala untuk meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Alhasil, siklus pertumbuhan rambut pun lebih panjang.

Setelah dipijat, aliran darah yang lebih lancar ini juga menyediakan lebih banyak oksigen dan nutrisi yang diperlukan folikel rambut. 

Dengan begitu, folikel rambut akan bekerja lebih efektif memperbaiki kerusakan sel di dalamnya.

Itu sebabnya, memijat kulit kepala dapat menghasilkan pertumbuhan akar rambut yang lebih kuat dan tidak mudah rontok. Hal ini dibuktikan lewat penelitian dari Dermatology and Therapy.

Penelitian itu melaporkan laju kerontokan rambut melambat pada peserta yang mengalami kebotakan. Rambut mereka juga mengalami pertumbuhan rambut yang cukup cepat ketika mencuci rambut dengan benar.

sumber\foto | hellosehat

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini