Bukan Menakut-nakuti! Sakit Pinggang Kanan, Mungkin Gejala Penyakit Ini

Editor: kairos author photo
Banyak faktor yang memicu sakit pinggang sebelah kanan. foto | klikdokter

kairos - MEMANG sakit pinggang bisa sangat mengganggu. Jika kamu merasa sakit pinggang persis di sebelah kanan, kira-kira apa penyebabnya?

Kebanyakan sakit pinggang sebelah kanan disebabkan kebiasaan mengangkat beban berat di bagian kanan. 

Meski begitu, nyeri dimaksud juga bisa dipicu penyakit atau kondisi kesehatan tertentu.

foto | klikdokter

Berikut beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan:

1. Keseleo dan Otot yang Tegang

Seseorang bisa keseleo apabila ligamen teregang berlebih, sedangkan otot atau tendon yang teregang berlebih dapat menimbulkan robekan. 

Keseleo dan otot yang tegang hingga robek merupakan dua penyebab nyeri pinggang bawah, baik sebelah kanan maupun kiri, yang paling sering ditemukan.

Beberapa penyebab yang paling umum meliputi:

> Mengangkat barang berat atau mengangkat barang dengan cara yang salah

> Memutar badan secara tiba-tiba

> Meregangkan badan secara berlebih atau tidak melakukan pemanasan pada bagian punggung bawah sebelum berolahraga

Jatuh

2. Radikulopati

Hal ini terjadi ketika peradangan, penekanan, atau cedera mengenai saraf dari tulang punggung yang memicu nyeri pinggang bawah, baik sisi kanan maupun kiri. Salah satu penyebab radikulopati adalah hernia diskus. 

Penanganan disesuaikan dengan penyebab radikulopati yang dialami. Apabila seseorang memiliki berat badan berlebih, maka menurunkannya akan mengurangi tekanan pada punggung dan pinggang, ditambah dengan penguatan otot perut.

3. Stenosis Spinal

Ini juga salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan. Stenosis spinal terjadi ketika suatu tabung pada tulang belakang mengalami penyempitan atau penekanan. 

Hal ini dapat memicu rasa nyeri yang menjalar hingga ke punggung bawah, bokong, dan kedua tungkai. 

Beberapa penanganannya meliputi obat anti radang, terapi fisik, serta injeksi steroid. Apabila derajatnya berat, maka pembedahan juga menjadi salah satu opsi.

4. Degenerasi Diskus Intervertebralis

Kondisi ini sering ditemukan, dengan diskus yang menyokong tulang punggung yang mengalami penuaan. 

Gesekan yang timbul akan memicu nyeri pada pinggang, namun juga dapat dirasakan pada leher, lengan, dan tungkai.

5. Infeksi

Jika Anda bertanya-tanya kenapa pinggang sebelah kanan sakit terus-menerus, bisa jadi itu disebabkan oleh infeksi. Misalnya, infeksi bakteri. 

Penyebab dari infeksi akan menentukan penanganan, yang pada umumnya membutuhkan antibiotik.

6. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika endometrium tumbuh di luar dinding rahim. Kondisi ini dapat memicu rasa sakit, termasuk pada pinggang sebelah kanan. 

Meski penyakit ini tidak ada obatnya, namun adanya penanganan mampu mengurangi gejalanya. Hal ini meliputi obat anti nyeri, terapi hormon, dan pembedahan. 

7. Nyeri Pinggang Saat Hamil

Beberapa perempuan mengalami nyeri pinggang saat hamil, yang dapat dirasakan baik pada salah satu sisi punggung bawah maupun keduanya. 

Untuk mengurangi nyeri itu, biasanya dokter mengajarkan latihan penguatan otot pinggang. Penggunaan sepatu yang nyaman, menghindari berdiri terlalu lama, dan beristirahat cukup juga penting untuk mengatasi rasa sakit. 

8. Torsio Testis

Torsio testis terjadi ketika buah zakar berputar di dalam kantungnya, sehingga saluran sperma menjadi terpilin. 

Hal ini dapat mengurangi hingga memblokir aliran darah ke buah zakar, yang dapat menimbulkan kerusakan permanen.

Selain nyeri hebat pada selangkangan atau kantung zakar, kondisi ini dapat menjadi penyebab pinggang kanan sakit. Segera cari pertolongan medis ketika hal ini terjadi. 

9. Kolitis Ulseratif

Kolitis ulseratif merupakan peradangan pada usus besar. Gejalanya berupa diare berkepanjangan, yang dapat mengandung darah atau nanah. 

Nyeri dan kram perut dapat menjalar ke salah satu atau kedua sisi pinggang bawah. 

10. Tumor Tulang Belakang

Tumor yang muncul di tulang belakang dapat menekan tulang punggung dan berbagai saraf yang ada di dekatnya, sehingga mengakibatkan sakit pinggang bawah sebelah kanan maupun kiri. 

Penanganannya akan bergantung pada penyebabnya. Pada sebagian kasus, tumor harus diangkat, namun sebagian lainnya melibatkan terapi radiasi atau kemoterapi.

11. Batu Ginjal

Gumpalan mineral padat dapat membentuk batu ginjal, yang bisa terdapat pada salah satu atau kedua ginjal. 

Batu yang kecil mungkin tidak menimbulkan nyeri saat berkemih, tetapi batu yang besar dapat tersangkut dan memicu nyeri hebat. Ketika melibatkan ginjal kanan, maka dapat menyebabkan nyeri punggung sebelah bawah kanan.

Batu ginjal yang besar dapat dihancurkan menjadi serpihan kecil atau diangkat melalui pembedahan. 

12. Apendisitis

Apendisitis atau usus buntu dapat menimbulkan nyeri hebat yang mampu menjalar ke sisi tubuh sebelah kanan. 

Umumnya radang usus buntu akan diangkat melalui pembedahan, dan tidak akan memengaruhi fungsi tubuh apabila usus buntu telah dibuang.

Nyeri pinggang yang mengenai tulang punggung dan jaringan di sekitarnya bisa sembuh, namun membutuhkan waktu. Terapi fisik dan berbagai pengobatan lainnya dapat mempercepat proses penyembuhan. 

Sedangkan beberapa penyebab, seperti degenerasi diskus intervertebralis dan endometriosis, membutuhkan terapi terus-menerus untuk mengelola gejala. 

Itulah berbagai kemungkinan penyebab sakit pinggang sebelah kanan, mulai dari keseleo hingga endometriosis. Apabila Anda mengalami sakit pinggang yang disertai gejala lainnya yang mengganggu, segeralah periksakan diri ke dokter.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | mey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini