Jangan Korek Hidung, Kalau Gatal Begini Cara Mengatasinya

Editor: kairos author photo

 

Banyak faktor yang membuat hidung Anda terasa gatal. foto | rakyatku

kairos - KALAU hidung terasa gatal dan menggelitik, memang bisa mengganggu aktivitas. Nah, untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan sendiri. Selamat mencoba!

Sekadar diketahui, hidung merupakan bagian penghalang pertama untuk menghentikan zat iritan agar tidak terhirup masuk ke saluran pernapasan. 

Iritan dari lingkungan (debu, kotoran, serbuk sari) dan alergi seperti hayfever dapat menyebabkan rasa gatal di hidung. Selain itu, selaput lembap di hidung yang mengering saat sakit atau cuaca panas juga dapat menimbulkan gatal. 

Bagaimana cara mengatasi hidung gatal? Apa saja obat hidung gatal-gatal? Ketahui lebih lanjut di bawah ini:

1. Gunakan Saline Nasal Spray 

Dokter Theresia Rina Yunita mengatakan, “Hidung gatal biasanya disebabkan karena mukosa yang kering.” Menggunakan obat semprot khusus dapat membantu meredakan kekeringan yang terjadi di hidung. 

“Saline nasal spray berfungsi untuk menjaga kelembapan mukosa hidung, serta mencuci hidung dari debu polusi dan kotoran yang mungkin menyebabkan hidung tidak nyaman dan gatal,” jelasnya. 

Kamu pun bisa membuat semprotan hidung air garam sebagai alternatif saline nasal spray yang dijual di apotek. Dilansir dari Medical News Today, berikut langkah-langkahnya:

> Rebus 1 liter air dan biarkan menjadi dingin

> Masukkan ¼ sdt garam dan ¼ sdt soda kue ke dalam air 

> Tuangkan sedikit cairan ke telapak tangan yang ditangkupkan

> Hiruplah campuran air ke satu lubang hidung dan ulangi pada hidung berikutnya

> Pilihan lainnya menuangkan larutan itu ke botol semprot bersih. 

Cara ini memudahkan Anda untuk menyemprotkan larutan air garam ke hidung. 

2. Gunakan Neti Pot

Hampir mirip semprotan air garam, neti pot juga digunakan untuk memberikan kelembapan hidung agar tidak kering dan gatal. Berikut cara memakai neti pot:

> Isi neti pot dengan air steril dari toko obat atau air rebus yang sudah tidak panas

> Miringkan kepala ke satu sisi (salah satu lubang hidung di bawah) mendekati wastafel atau bak mandi

> Masukkan ujung corong neti pot ke lubang hidung paling atas, tuangkan cairan ke dalamnya.

> Air akan keluar dari lubang hidung di sisi bawah. 

> Neti pot bisa digunakan sekali sehari sampai keluhan teratasi. Bila rasa gatal di hidung disebabkan oleh sesuatu di dalam hidung, infeksi sinus, atau hidung kering, neti pot mungkin dapat meredakan gejalanya. 

3. Minumlah Lebih Banyak Cairan

Salah satu cara mengatasi hidung gatal secara alami yang perlu Anda lakukan ialah mengonsumsi banyak air putih.

“Minum air putih yang banyak akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga mukosa di tubuh juga terjaga kelembabannya, salah satunya pada hidung,” jelas dr. Theresia.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat membantu menghentikan keluhan hidung kering ketika mengalami pilek atau infeksi sinus. 

Jumlah cairan yang harus diminum seseorang bervariasi, tergantung usia dan jenis kelamin. Orang dewasa umumnya dianjurkan minum sekitar delapan gelas air per hari. 

Selain itu, menghirup uap dari campuran air panas dan irisan lemon dapat membantu membersihkan sinus.

4. Hindari Pemicu Alergi

Bila Anda memiliki alergi, penting untuk mengetahui pemicunya. Cara menghilangkan hidung gatal terbaik pada kondisi alergi menghindari alergen (pemicu alergi) terlebih dahulu.

Beberapa penyebab umum alergi antara lain debu, serbuk sari, dan bulu binatang. Selain itu, bekerja di kantor dengan AC dalam waktu lama juga dapat menyebabkan hidung kering. 

Salah satu solusi untuk mengatasi kondisi itu menggunakan masker. Langkah ini berguna mencegah hidung menghirup udara yang berisi pemicu alergi penyebab hidung gatal. 

5. Hindari Iritasi Hidung Lebih Lanjut

Tangan kamu mungkin cenderung refleks berusaha menghilangkan rasa gatal atau menggelitik di hidung dengan menggaruk atau mengoreknya. Namun, tindakan ini malah akan menyebabkan iritasi lebih lanjut. 

Kuku bisa meninggalkan luka kecil di jaringan hidung. Bakteri yang berpotensi berbahaya juga dapat menemukan jalan masuk ke lubang hidung dan menyebabkan infeksi. 

Studi berjudul “Hands are vehicles for transmission of Streptococcus pneumoniae in novel controlled human infection study” (2018) menemukan, mengupil berpotensi menyebarkan bakteri yang bertanggung jawab atas sejumlah besar kasus pneumonia. 

Alih-alih mengorek hidung, sebaiknya cuci atau bilas hidung untuk menghilangkan gatal. Umumnya cara mengatasi hidung gatal ini cukup efektif.

6. Gunakan Humidifier

Saat hidung kering akibat cuaca atau suhu, humidifier dapat digunakan untuk menambah kelembapan udara di dalam ruangan sehingga membantu meredakan gatal di hidung.

Bila tidak ada humidifier, Anda bisa menuangkan air ke mangkuk lalu letakkan di lokasi yang hangat di sekitar rumah. Cara ini akan memungkinkan air untuk menguap. 

7. Minum Obat untuk Redakan Rasa Gatal

Jika cara-cara sebelumnya tidak dapat meredakan rasa gatal pada hidung, mungkin Anda bisa meminum obat tertentu. 

Antihistamin bisa menjadi pilihan jika rasa gatal di hidung disebabkan alergi. Sebagian besar antihistamin dapat dibeli di apotek. Penggunaannya disarankan berdasarkan resep dokter.

sumber\foto | KlikDokter\rakyatku

reporter | yey

asli


Share:
Komentar

Berita Terkini