Masalah Hipertensi, Nih Makanan Alami yang Efektif Menurunkannya

Editor: kairos author photo

 

Beragam makanan alami yang dipercaya mampu menurunkan tekanan darah. foto | klikdokter 

kairos - SEKADAR kita tahu, tekanan darah tak cuma bisa diturunkan dengan mengonsumsi obat. Namun begitu, berikut ini kita perkenalkan daftar makanan penurun darah tinggi, alami namun ampuh menurunkannya.

Diketahui pula, tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan timbulnya komplikasi berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke, pecahnya pembuluh darah, hingga gagal ginjal. 

Sering kali tekanan darah tinggi atau hipertensi pun tidak menimbulkan gejala dan tidak disadari oleh penderitanya. 

BACA JUGA | Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami, Tanpa Obat

Untuk menurunkan hipertensi, bisa dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai rekomendasi dokter. 

Namun, menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dengan menerapkan pola makan sehat. Anda dapat mengonsumsi makanan penurun darah tinggi seperti berikut ini. 

1. Sayuran Hijau

Menurut Harvard Medical School, banyak sayuran berdaun hijau, seperti kubis, bayam, dan collard mengandung kalium dan magnesium yang merupakan mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah. Nutrisi ini merupakan bagian penting dari diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Diet kaya kalium membantu tubuh menjadi lebih efisien dalam membuang kelebihan natrium. Sebaliknya, magnesium dalam sayuran hijau membantu meningkatkan aliran darah yang sehat.

2. Telur

Telur juga bisa jadi pilihan makanan penurun tensi tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, putih telur dapat menjadi makanan penurun darah tinggi alami.

Seperti dilaporkan MensHealth.com, ketika tikus dengan tekanan darah tinggi diberi makan protein yang ditemukan dalam putih telur, tekanan darah mereka turun, sebanding dengan dosis rendah Captopril, obat penurun darah tinggi. 

Meski begitu, manfaat telur sebagai makanan penurun darah tinggi ini perlu penelitian lebih lagi.

3. Brokoli

Brokoli, sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, magnesium, kalsium, dan kalium. Sebuah studi pada hewan telah menemukan bahwa diet tinggi brokoli dapat membantu menurunkan darah tinggi alami paling cepat, penyakit kardiovaskular, dan stroke. 

Brokoli kaya akan senyawa yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada arteri. Ini memungkinkannya untuk menjadi salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi.

4. Jus Bit

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di jurnal American Heart Association Hypertension, orang dengan tekanan darah tinggi yang minum sekitar 8 ons jus bit tekanan darahnya turun sekitar 10 mmHg. 

Bit bisa menjadi makanan penurun darah tinggi, karena diketahui mengandung zat yang bernama nitrat. Zat ini dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh yang berfungsi memperlebar pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, tekanan darah pun kemungkinan akan turun.

5. Pisang

Sekali lagi, makanan penurun darah tinggi biasanya tinggi kalium. Nah, pisang bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk menurunkan darah tinggi secara alami. 

Satu pisang mengandung sekitar 420 miligram kalium. Jumlah ini setara dengan 11 persen dari konsumsi 4.700 miligram yang direkomendasikan American Heart Association setiap harinya.

6. Cokelat Hitam

Jika Anda mencari makanan untuk darah tinggi yang rasanya enak, cokelat hitam bisa menjadi pilihan. Cokelat hitam kaya antioksidan yang disebut flavanol, yang membuat pembuluh darah lebih elastis. 

Untuk mendapatkan manfaat cokelat hitam dalam menurunkan tekanan darah tinggi, dianjurkan makan tidak lebih dari 1 ons sehari. Pastikan pula cokelat yang dimakan mengandung setidaknya 70 persen kakao.

7. Buah Delima

Minum jus buah delima secara teratur dapat membantu mengurangi angka tekanan darah Anda. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsinya dengan menambahkan gula. 

Sebuah studi pada 2012 lalu menemukan bahwa konsumsi jus buah delima berpotensi menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut akan diperoleh ketika orang dewasa yang sehat minum 330 ml jus delima setiap hari selama empat minggu.

8. Yoghurt

Yoghurt merupakan alternatif yang bagus untuk memenuhi kebutuhan susu Anda. Selain itu, yoghurt juga bisa menjadi pilihan makanan penurun darah tinggi yang cepat dan efektif. 

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi 5 atau lebih porsi yoghurt seminggu, risiko terkena tekanan darah tinggi berkurang hingga 20 persen. 

Mengacu pada data itu, makanan ini juga dinilai mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi pada pria, meski studi lanjutan masih perlu dilakukan. 

9. Oatmeal

Oatmeal, salah satu dari beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Oatmeal mengandung jumlah serat yang tepat dan biji-bijian yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah normal.

Penelitian klasik telah membuktikan bahwa makan oatmeal dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, serat dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan mencegah obesitas, faktor risiko hipertensi.

10. Bawang Putih

Sejak lama, bawang putih dipercaya sebagai makanan penurun darah tinggi. Antibiotik alami ini mengandung allicin sangat baik bagi penderita hipertensi. 

Penelitian lain juga menunjukkan makan bawang putih memengaruhi pembuluh darah menjadi besar, yang mengakibatkan tekanan darah juga berubah.

Sebenarnya selain daftar jenis makanan diatas masih banyak lagi yang mampu menurunkan tekanan darah. Misalnya semangka, buah kiwi, Buah Beri, buah sitrun (jeruk bali), lemon, kacang pistachio, wortel, seledri dan sayur bayam tentunya. Semoga bermanfaat.

sumber\foto | klikdokter

reporter | mey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini