Olahraga Skipping, Sederhana tapi Lebih Banyak Bakar Kalori

Editor: kairos author photo

 

Olahraga skipping baik pula untuk jantung. foto | klikdokter

kairos - TERNYATA skipping alias lompat tali bisa membakar kalori lebih banyak dibanding beberapa olahraga lainnya? Benarkah? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini.

Mungkin skipping atau lompat tali sering Anda lakukan saat masa kanak-kanak. Sayangnya, mungkin karena dianggap terlalu sederhana, banyak orang dewasa kini justru melewatkannya. 

Padahal, skipping sangat baik untuk membakar kalori. Bahkan, beberapa studi mengungkap bahwa lompat tali bisa membakar kalori lebih baik dibandingkan olahraga lainnya seperti joging dan berenang.

Dikatakan kalori yang dibakar lewat skipping selama 10 menit setara dengan kalori yang dibakar saat berlari 1,6 km dalam waktu 8 menit.

1. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Lompat tali akan melatih otot dan tulang, terutama di daerah tungkai bawah. Jika olahraga ini dilakukan secara teratur selama setidaknya enam bulan, kepadatan tulang akan meningkat secara signifikan. 

Secara jangka panjang, kepadatan tulang yang baik akan membantu menunda bahkan mencegah osteoporosis di kemudian hari.

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Berdasarkan rekomendasi dari American Heart Association (AHA), seseorang harus melakukan olahraga aerobik secara teratur untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. 

Lompat tali yang dilakukan setidaknya 4-5 kali per minggu selama minimal 20 menit per sesi, terbukti efektif untuk melindungi jantung dari penyakit mematikan tersebut.

3. Melatih Kemampuan Koordinasi

Saat lompat tali, otak harus mengeluarkan berbagai kemampuannya. 

Misal, kemampuan mengoordinasikan gerakan tangan dalam mengayun tali dan gerakan kaki dalam melompat, kemampuan spasial untuk memperkirakan luas area yang dibutuhkan saat lompat tali, dan lainnya.

Tindakan ini menstimulasi otak kiri dan kanan. Dalam jangka pendek, hal tersebut berkontribusi dalam membangun konsentrasi seseorang. 

Secara jangka panjang, rutin lompat tali bermanfaat untuk meningkatkan performa dalam bekerja atau belajar.

4. Menjaga Kesehatan Mental

Studi menemukan orang-orang yang menjalani olahraga aerobik secara teratur, yang salah satunya adalah lompat tali, memiliki kesehatan mental yang baik. 

Ini karena olahraga itu dapat membuat seseorang menyalurkan energi dan pikiran secara positif. Mereka juga cenderung lebih tenang, tidak mudah cemas, dan tak cepat terbawa emosi.

5. Membakar Kalori

Lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga intensitas tinggi, sehingga baik untuk membakar kalori. 

Dalam 20 menit skipping, Anda bisa membakar kalori hingga 300 kalori, yang artinya 20 kalori setiap menit. 

Makanya, lompat tali sangat baik dilakukan bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan.

6. Meningkatkan Elastisitas Otot

Manfaat lainnya dari skipping adalah dapat meningkatkan elastisitas otot. Mengapa demikian?

Ketika Anda lompat tali, otot betis akan berusaha untuk menjaga keseimbangan sehingga tetap bisa melompat dengan baik. 

Nah, rutin lompat tali akan membantu menguatkan otot betis serta meningkatkan elastisitasnya. 

Elastisitas otot yang baik akan mencegah terjadinya cedera otot akibat otot yang terlalu kaku. Selain itu, otot yang elastis penting untuk memaksimalkan gerakan Anda (range of motion) ketika melakukan aktivitas fisik ataupun aktivitas sehari-hari.

7. Meningkatkan Tonus Banyak Otot Tubuh

Ternyata, lompat tali ini bisa menguatkan banyak otot sekaligus. Terutama kelompok otot inti tubuh, seperti otot bahu, tangan, punggung, dan paha. 

Inilah mengapa olahraga lompat tali bermanfaat untuk menjaga kekuatan fisik Anda, sehingga Anda jadi lebih sehat sekaligus bertenaga. 

8. Meningkatkan Daya Pikir dan Konsentrasi

Dengan skipping secara rutin, maka dapat membantu meningkatkan konsentrasi Anda dalam mengerjakan tugas dan aktivitas dalam jangka waktu yang panjang. 

Lompat tali adalah gerakan ritmis berulang, yang artinya membutuhkan gerakan spesifik yang cukup detail. Hal tersebut membutuhkan kemampuan konsentrasi sehingga dapat fokus dalam mengerjakannya.

9. Menurunkan Risiko Cedera Engkel

Olahraga skipping juga bermanfaat untuk mencegah munculnya cedera engkel. Cedera engkel merupakan salah satu jenis cedera yang banyak dialami ketika berolahraga. 

Nah, dengan olahraga skipping, maka akan meningkatkan kekuatan dan elastisitas engkel Anda sehingga menurunkan risiko terjadinya cedera engkel.

10. Mengatasi Gejala Kecemasan dan Depresi

Tahukah Anda, olahraga lompat tali bisa bermanfaat untuk mengatasi gejala kecemasan dan depresi? Hal itu karena saat berolahraga, Anda akan melepaskan endorfin yang disebut sebagai hormon kebahagiaan. 

Berdasarkan sebuah penelitian pada tahun 2014, mereka yang rutin berolahraga aerobik, seperti lari dan skipping, mengalami peningkatan dalam kesehatan mentalnya. 

Itulah beberapa manfaat olahraga lompat tali. Semoga bermanfaat.

sumber\foto | klikdokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini