Sakit Kepala saat Puasa, Begini Tips Mengatasinya

Editor: kairos author photo

 

Mengatasi sakit kepala tanpa minum obat. foto | klikdokter


kairos - BANYAK orang yang menderita sakit kepala saat berpuasa. Lantas, harus bagaimana? Adakah cara mengatasi sakit kepala saat puasa tanpa harus minum obat? 

Sekadar diketahui, sakit kepala bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Keluhan ini bahkan bisa mengganggu kenyamanan Anda ketika beribadah, tak terkecuali di bulan Ramadan. 

Sulitnya lagi, ketika mengalami sakit kepala saat puasa, Anda tidak bisa minum obat untuk membantu mengatasi keluhan. Hal ini karena Anda mesti menahan haus dan lapar mulai dari subuh hingga terbenam matahari.

Berikut sejumlah upaya yang bisa dilakukan sebagai cara menyembuhkan sakit kepala saat puasa tanpa minum obat:

1. Tidur

Ketika mengalami sakit kepala, cobalah untuk beristirahat dan membaringkan tubuh Anda. Pastikan tubuh dan kepala dalam posisi yang tepat, agar sirkulasi darah bisa lancar. Hal ini dapat membantu meringankan sakit kepala.

Anda pun perlu beristirahat dengan cukup pada malam hari. Cukupi waktu tidur dan perhitungkan waktu untuk sahur. 

Hindari makanan mengandung gula tinggi, kafein, nikotin, dan gawai mendekati waktu tidur. Hindari pula aktivitas yang terlalu berat di malam hari, agar Anda bisa tidur tepat waktu.

2. Meredupkan Cahaya

Cara mengatasi sakit kepala saat puasa selanjutnya berhubungan dengan cahaya. Cahaya yang terang atau berkedip, bahkan dari layar komputer, dapat memicu sakit kepala sebelah alias migrain. 

Di satu sisi, sakit kepala juga dapat menimbulkan sensitivitas terhadap cahaya. Oleh karena itu, apabila sakit kepala menyerang Anda pada siang hari ketika berpuasa, cobalah untuk beristirahat di ruangan yang redup dan jauh dari cahaya terang atau menyilaukan.

3. Menghilangkan Tekanan pada Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh tekanan berlebih pada kepala Anda. Tekanan tersebut bisa berasal dari ikatan rambut yang terlalu kencang, penggunaan topi, helm, bahkan kaca mata. 

Cara mengatasi sakit kepala seperti ini adalah dengan melepaskan tekanan pada kepala agar keluhan dapat berkurang.

4. Latihan Pernapasan

Sakit kepala akibat ketegangan dapat diredakan dengan melakukan latihan pernapasan. Latihan ini berfungsi meningkatkan fokus, yang sekaligus membantu melemaskan otot-otot di tubuh. Latihan ini pun bisa membuat Anda merasa relaks dan segar dengan cepat.

Caranya, mulailah dengan menemukan tempat tenang dan posisi duduk yang nyaman. Tarik napas selama 5 detik dan embuskan selama 5 detik juga. Lakukan pernapasan tersebut berulang dan secara berirama hingga Anda merasa lebih relaks.

5. Kompres

Sakit kepala yang disebabkan karena otot tegang bisa diredakan dengan mengaplikasikan kompres panas. Letakkanlah kompres di titik rasa sakit untuk meringankan sakit kepala. Anda juga dapat mencoba untuk mandi dengan air hangat guna mengurangi keluhan.

Selain itu, Anda pun bisa menggunakan kompres dingin. Meletakan kompres dingin di area leher atau kepala dapat mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah. 

Semua hal tersebut membantu mengurangi sakit kepala. Langkah tersebut bisa membantu mengobati sakit kepala saat puasa. 

6. Pijatan Ringan

Cobalah untuk memijat lembut bagian otot-otot leher dan bahu. Hal ini dapat membantu meredakan ketegangan dan mengurangi rasa sakit kepala.

Hati-hati saat memijat. Pastikan tidak terlalu keras, karena malah bisa membuat Anda berisiko cedera.

7. Relaksasi

Meditasi dan yoga dapat membantu melemaskan otot-otot tubuh yang tegang. Aktivitas tersebut juga bisa membantu meredakan sakit kepala, lho!

Carilah lokasi yang tenang dan tidak banyak gangguan di sekitarnya. Lakoni yoga dan meditasi untuk mengoptimalkan sirkulasi darah dan mengurangi ketegangan pada otot. Pada akhirnya, gejala sakit kepala pun bisa berkurang.

8. Penggunaan Aromaterapi

Cara mengatasi sakit kepala saat puasa tanpa obat yang terakhir adalah dengan menghirup aroma minyak esensial atau aromaterapi. Langkah tersebut juga dapat membantu meredakan sakit kepala. 

Contoh aromaterapi yang dapat Anda gunakan adalah peppermint, eucalyptus, dan lavender.

Itulah sejumlah cara untuk mengatasi sakit kepala tanpa obat, yang mungkin berguna ketika Anda sedang berpuasa. Apabila sakit kepala berlanjut atau semakin parah, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter, ya!

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini