Terbaik! Ini Jam Tidur Ideal di Malam Hari

Editor: kairos author photo

 

Kita harus memperhatikan jam tidur malam karena penting untuk kesehatan. foto | radarbromo 

kairos - KAMU masih sering begadang? Di masa-masa produktif ini, tentunya sulit untuk nggak mengulur waktu tidur, ya kan? Meski faktanya, tidur sangat berperan penting dalam hidup setiap manusia.

Tidur, salah satu cara atau obat untuk mengatasi tubuh yang lelah setelah melakukan banyak aktivitas sepanjang hari. Jika waktu tidur nggak cukup, maka kesehatan pun akan terganggu. Inilah mengapa waktu tidur yang ideal akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, pikiran semakin fresh, dan perasaan lebih bahagia.

Nah, bagaimana cara untuk mendapatkan waktu tidur ideal dan berkualitas, berapa lama dan sedari jam berapa kita mesti memejamkan mata? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Melansir dari laman Health, Kirstin Aschbacher, seorang peneliti dari Jawbone menyarankan untuk tidur sebelum jam 11 malam. Sebab, tidur pada waktu tersebut ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan fisik maupun psikis seseorang.

Tidur sebelum jam 11 malam pula, dapat membantu jam biologis tubuh bekerja lebih baik dan membuat tubuh lebih bugar.

Tapi sebenarnya, secara umum kebutuhan tidur bagi setiap kelompok usia nggak sama, lho. Jam tidur yang baik untuk setiap kelompok usia berbeda-beda.

Mengutip dari cdc.gov, ada beberapa kelompok usia yang direkomendasikan untuk memiliki jam tidur yang baik sebagai berikut:

> Bayi baru lahir (0-3 bulan): 14-17 jam setiap hari

> Bayi (4-12 bulan): 12-16 jam setiap hari

> Balita (1-2 tahun): 11-14 jam setiap hari

> Pra-sekolah (3-5 tahun): 10-13 jam setiap hari

> Usia sekolah (6-12 tahun): 9-12 jam setiap hari

> Remaja (13-18 tahun): 8-10 jam setiap hari

Dewasa

> 18-60 tahun: 7 jam atau lebih setiap hari

> 61-64 tahun: 7-9 jam setiap hari

> 65 tahun ke atas: 7-8 jam setiap hari

Dengan menerapkan jam tidur yang baik setiap harinya, kamu akan mendapatkan manfaat tidur secara maksimal. Organ tubuh yang sudah lelah bekerja sepanjang hari tentu membutuhkan waktu istirahat, termasuk otak, kulit, sistem metabolisme, dan hormon dalam tubuh.

Setelah mengetahui jam berapa dan berapa lama manusia harus mengistirahatkan tubuhnya, kini kamu pun perlu tahu bahwa tidur lebih dari jam 12 malam akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan. 

Salah satu penelitian pada pekerja di Jepang menemukan bahwa tidur terlalu larut memiliki kaitan signifikan dengan prevelensi yang tinggi pada gejala depresi.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk menyayangi tubuh dengan memberikan prilaku yang baik dengan tidur sesuai anjuran para ahli, yakni sebelum jam 11 malam.

sumber\foto | kumparan\radarbromo

reporter | yey

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini