Awas, Wabah Cacar Monyet Incar Indonesia

Editor: kairos author photo

 

foto ilustrasi cacar monyet. | klikdokter

kairos - WABAH cacar monyet tengah melanda di berbagai negara. Bagaimana dengan Indonesia? Cari tahu penularan dan pencegahannya saat ke luar negeri.

Cacar monyet, penyakit akibat virus yang terjadi melalui penularan hewan yang sakit ke manusia. Apakah cacar monyet di Indonesia juga sudah merebak? Bagaimana proteksi diri yang baik terhadap penyakit ini? 

Asal-usul Cacar Monyet di Dunia

Penyakit Cacar monyet alias monkeypox pertama kali ditemukan tahun 1958 dalam pemeriksaan monyet di laboratorium Denmark. Kasus pada manusia pertama kali diidentifikasi pada seorang anak di Republik Demokratik Kongo tahun 1970.

Penyebab cacar monyet, virus monkeypox, anggota genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. 

Nah, pada manusia, gejalanya seperti demam, ruam, dan pembengkakan kelenjar getah bening, serta dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Baru-baru ini beberapa negara seperti Inggris, Spanyol dan Portugal telah melaporkan adanya kasus cacar monyet yang terjadi sejak awal Mei 2022. 

Negara-negara lain juga melaporkan wabah cacar monyet, yaitu Prancis, Jerman, Italia, Belgia, dan Australia. Satu kasus cacar monyet setidaknya telah terkonfirmasi di setiap negara tersebut.

Wabah cacar monyet yang telah dilaporkan ditemukan di dua belas negara, berdasarkan catatan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bisa saja meluas ke negara-negara lainnya jika tidak segera ditangani dengan tepat. 

Meskipun penyakit ini dapat sembuh sendiri, WHO mencatat rasio kematian tetap ada sekitar 3-6 persen. 

Maraknya wabah cacar monyet yang terjadi di luar negeri cukup membuat masyarakat Indonesia khawatir. Namun, Kementerian Kesehatan RI telah mengonfirmasi hingga kini monkeypox belum terjadi di Indonesia.

Kemenkes juga telah membentuk tim untuk memberi sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

Pada sejumlah wilayah, pemeriksaan orang yang datang dari luar negeri demi mengantisipasi penyebaran cacar monyet.

dr Devia Irine Putri mengatakan, meskipun wabah penyakit cacar monyet belum terjadi di Indonesia, Anda tetap perlu waspada dengan melakukan pencegahan yang tepat.

Tips Cegah Cacar Monyet

Menurut dr Devia, pencegahan berikut ini juga bisa diterapkan jika Anda ingin bepergian ke negara yang terjangkit virus monkeypox. Cara mencegah cacar monyet yang bisa dilakukan antara lain:

> Tidak berkontak dengan hewan yang dicurigai sakit atau meninggal karena virus cacar monyet

> Menghindari kontak dengan kandang hewan yang sakit atau peralatan yang berhubungan dengan hewan

> Menghindari kontak dengan hewan liar, termasuk mengonsumsi daging hewan liar 

> Jika ada yang sakit, segera isolasi agar tidak menularkan ke orang lain

> Selalu jaga kebersihan, salah satunya dengan mencuci tangan pakai sabun

> Menggunakan APD apabila merawat orang yang sakit

“Beberapa penelitian menyebutkan, vaksinasi cacar (smallpox) bisa digunakan untuk memberikan perlindungan terhadap cacar monyet,” ucap dr Devia.

“Vaksin khusus monkeypox telah dikembangkan sejak tahun 2019, namun ketersediaan secara global masih terbatas,” tambahnya.

Kalau Anda ingin bepergian ke negara yang sedang mengalami wabah cacar monyet, amat disarankan untuk mendapatkan vaksin smallpox demi memproteksi diri di sana. Terapkan juga langkah-langkah pencegahan cacar monyet di atas, ya.

sumber\foto | KlikDokter 

reporter | agung

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini