Ibu Hamil, Waspadai Tanda-tanda Keguguran Ini

Editor: kairos author photo

 

Ini tanda-tanda keguguran pada ibu hamil. foto | klikdokter

kairos - KEGUGUAN, kondisi yang sulit dicegah, khususnya jika terdapat kelainan genetik pada bayi. Lantas, apa saja ciri-ciri keguguran yang mesti diwaspadai? Cek di sini!

Keguguran merupakan masalah kehamilan yang paling ditakuti oleh ibu hamil. Pasalnya, kondisi ini bisa memupuskan harapan pasangan untuk menjadi ayah maupun ibu.

Umumnya, keguguran memang sulit dicegah, terutama jika disebabkan oleh kelainan genetik pada bayi. 

Namun, dengan pengetahuan akan ciri-ciri keguguran tahap awal, kondisi ini dapat dihindari semaksimal mungkin. Dengan demikian, kehamilan dapat dipertahankan dengan lebih optimal. 

Lantas apa saja tanda-tanda keguguran yang wajib diwaspadai ibu hamil? 

1. Perdarahan Melalui Vagina

Perdarahan melalui vagina dapat menjadi tanda-tanda keguguran yang paling kentara. Hal ini khususnya jika darah keluar dalam jumlah banyak, dengan durasi hari yang semakin bertambah.

Anda patut curiga mengalami keguguran apabila perdarahan juga disertai dengan kram perut hebat. 

Jika mengalaminya, jangan tunda untuk segera berobat ke bidan atau dokter untuk memastikan kondisi janin di dalam kandungan.

2. Kram Perut Hebat

Waspadalah jika Anda merasakan kram perut dengan intensitas nyeri yang hebat, tidak mereda setelah istirahat, dan disertai gejala perdarahan serta badan lemas. 

Keadaan ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri keguguran, karena rahim berkontraksi dan berusaha untuk mengeluarkan janin melalui jalan lahir. 

Jika kram perut terjadi terus-menerus setiap 5–20 menit, segera hubungi bidan atau dokter terdekat untuk melakukan pemeriksaan lanjutan. 

3. Nyeri di Area Pinggang

Nyeri pinggang yang terasa berat dibandingkan saat haid dapat pula menjadi salah satu tanda keguguran. 

Kondisi ini menandakan rongga panggul sedang mengalami peregangan dan bersiap melepaskan janin keluar dari rahim. 

Jika mengalami kondisi yang demikian, Anda wajib segera berkonsultasi dengan dokter atau bidan terdekat untuk penanganan lebih lanjut.

4. Keluar Gumpalan Merah dari Vagina

Keguguran juga dapat ditandai dengan gumpalan menyerupai daging berlendir dan berwarna merah yang tiba-tiba keluar dari vagina. 

Kondisi ini dapat menjadi tanda dari bentuk janin yang tidak berhasil menempel pada dinding rahim, sehingga keluar melalui vagina. 

Gejala keguguran yang satu ini umumnya terjadi pada minggu-minggu awal kehamilan.

5. Gerakan Janin Berkurang

Umumnya, gerakan janin sudah dapat dirasakan saat kehamilan memasuki trimester kedua (minggu ke-13). 

Apabila Anda sama sekali tidak merasakan gerakan janin setelah memasuki usia kehamilan tersebut, sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. 

Janin yang tidak bergerak dalam sehari penuh pada usia kehamilan trimester kedua dapat menjadi tanda lain dari keguguran.

6. Gejala Mual dan Muntah yang Berkurang

Saat trimester pertama, ibu hamil sering mengalami mual dan muntah (morning sickness). 

Namun, apabila gejala tersebut tiba-tiba menghilang atau berkurang dan disertai tanda keguguran seperti perdarahan, Anda sebaiknya segera periksa ke dokter. Pasalnya, hal itu dapat menjadi ciri dari keguguran.

Apabila Anda mengalami satu atau lebih ciri-ciri keguguran di atas, segera konsultasikan lebih lanjut kepada dokter atau bidan. 

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini