Ingat, Pendinginan Usai Olahraga Sangat Penting!

Editor: kairos author photo

 

Pendinginan usai olahraga itu memang sangat penting mengurangi otot yang sempat kaku akibat kelelahan. foto | hellosehat

kairos - OLAHRAGA bermanfaat jika dilakoni dengan benar. Salah satu penerapannya yang tepat latihan pendinginan setelah olahraga. Lantas apa saja manfaat pendinginan itu? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini!

Apa itu latihan pendinginan?

Pendinginan, gerakan-gerakan untuk meregangkan tubuh yang dilakukan sehabis berolahraga. Latihan ini adalah penyempurna olahraga, seperti halnya latihan pemanasan.

Secara garis besar, latihan ini untuk membantu mencegah cedera dan mengatasi nyeri yang muncul sesudah olahraga.

Saat berolahraga, otot tubuh akan merasa hangat akibat gerakan dan kecepatan saat Anda berolahraga.

Nah, fungsi dari pendinginan ini adalah meregangkan otot agar mereka tidak robek dan terluka saat berkontraksi.

Nyeri yang biasanya muncul setelah olahraga selama 1 atau 2 hari juga bisa berkurang setelah latihan ini dilakukan.

Jika Anda tidak melakukan peregangan setelah olahraga, risiko cedera olahraga dan nyeri pada tubuh akan meningkat.

Keduanya bisa terjadi karena saat berolahraga otot bekerja lebih keras daripada biasanya.

Supaya Anda lebih semangat latihan ini setelah olahraga, kenali berbagai manfaat yang didapatkan nantinya.

1. Membantu mengurangi kelelahan otot

Saat Anda berolahraga, asam laktat terbentuk di otot Anda, tak jarang asam laktat ini sering menyebabkan nyeri otot dan kelelahan.

Dengan pendinginan, otot akan persiapan penurunan suhu tubuh menuju aktivitas biasa dan nyerinya bisa pulih lebih cepat.

2. Melatih fleksibilitas otot

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari pendinginan adalah untuk melatih dan meningkatkan kelenturan otot tubuh.

Otot yang lentur dan fleksibel penting dilatih jika memang Anda gemar atau rutin berolahraga setiap hari.

Hal ini juga berpengaruh seiring bertambahnya usia. Pasalnya, semakin tua usia, otot dan persendian tubuh juga semakin tumbuh kaku dan tidak fleksibel.

Rutinitas seperti gerakan peregangan sehabis olahraga dapat mengurangi kekakuan otot.

3. Mencegah stress badan dan pikiran

Bukan hanya tubuh dan otot-ototnya saja yang diuntungkan, pikiran Anda juga bisa mendapatkan manfaat tertentu dari pendinginan.

Apabila meregangkan tubuh sambil mengatur napas dengan baik setelah berolahraga, berarti Anda sedang menyatukan tubuh, perasaan, dan pikiran.

Saat pendinginan setelah olahraga, tubuh ikut pun meregang yang mana bisa mengurangi rasa sakit dan nyeri di badan.

Kesatuan antara pikiran dan tubuh ini dinyatakan penting untuk relaksasi dan menghilangkan stres.

Selain itu, saraf di dalam otak dan sekujur tubuh Anda juga akan terasa lebih tenang jika Anda rutin melakukan peregangan setiap hari.

sumber\foto | hellosehat

reporter | yey

asl!

Share:
Komentar

Berita Terkini