Masturbasi Sebelum 'Gituan', Benarkah Bikin Cepat Klimaks?

Editor: kairos author photo

 

Sebelum 'gituan' masturbasi dulu diyakini mampu bikin cepat klimaks. foto | klikdokter

kairos - MASTURBASI sebelum berhubungan seks diyakini bisa bikin cepat klimaks. Benarkah begitu? Cari tahu efeknya lewat fakta medis berikut ini!

Masturbasi merupakan aktivitas untuk merangsang alat kelamin secara sendiri. Kegiatan ini bisa menjadi cara untuk mengeksplorasi tubuh, yang mungkin memberikan kesenangan. 

Tak berhenti di situ, ada juga keyakinan yang menyebut bahwa masturbasi sebelum seks dapat meningkatkan peluang untuk klimaks.

Apakah medis setuju dengan hal itu? Benarkah efek masturbasi sebelum seks bisa bikin cepat orgasme? Yuk, cari tahu!

Testosteron merupakan hormon yang identik dengan gairah seksual atau libido pria. Kadar hormon tersebut dapat meningkat selama masturbasi dan berhubungan seks. Setelahnya, testosteron akan turun kembali ke kadar semula.

Makanya, beberapa orang percaya bahwa masturbasi sebelum berhubungan seks dapat melepaskan ketegangan seksual yang pada akhirnya bisa membuat klimaks lebih cepat.

Sayangnya, hal tersebut hanya dugaan semata alias belum terbukti secara medis. Melansir Healthline, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa masturbasi sebelum berhubungan intim berpengaruh pada kecepatan untuk mencapai klimaks. 

Senada dengan itu, dr. Dyah Novita Anggraini pun mengatakan bahwa masturbasi atau onani sebelum seks belum terbukti dapat mempercepat orgasme.

Terlebih, setelah orgasme, ada fase pemulihan (fase refractory), yaitu ketika tubuh sudah dalam tahap maksimal untuk menerima rangsangan.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, tubuh manusia memiliki periode refraktori (fase pemulihan) setelah klimaks. 

Dalam fase itu tubuh akan berhenti merespons rangsangan untuk mencegah ketidaknyamanan. Selain itu, fase refraktori ini juga memberikan waktu bagi tubuh untuk kembali ke keadaan alaminya. 

Berapa lama periode refraktori seseorang tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kepekaan. 

Contoh, pria yang lebih muda mungkin hanya membutuhkan beberapa menit untuk pulih. Sementara itu, pria yang lebih tua mungkin membutuhkan 12–24 jam untuk pulih. 

Wanita biasanya memiliki periode pemulihan yang lebih pendek. Hal ini memungkinkannya untuk mengalami beberapa kali orgasme dalam satu sesi. 

Meski belum ada bukti ilmiah yang mendukung, tak ada salahnya jika Anda dan pasangan ingin mencoba melakukan masturbasi sebelum berhubungan seks. 

Hal yang penting, Anda mesti mendiskusikannya dengan pasangan agar keduanya bisa terpuaskan.

sumber\foto | KlikDokter

reporter | yey

asli

Share:
Komentar

Berita Terkini